Mohon tunggu...
Adam Perdana
Adam Perdana Mohon Tunggu... lainnya -

Saya menulis, maka saya Eksis. www.facebook.com/AdamPerdana007

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Menikmati musik gratis dan legal

16 Agustus 2012   15:36 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:39 611 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati musik gratis dan legal
1345130568219811388

Apa yang Anda lakukan ketika ingin mencari lagu kesukaan Anda di internet? Buka Youtube? Googling-googling-googling...nyampe di 4shared.com? Kebanyakan pengguna internet seperti itu, setidaknya berdasarkan pantauan saya di warnet tempat saya bekerja belajar. Masalahnya mungkin ini, Youtube membuat Anda menunggu sambil memelototi bulatan yang berputar-putar alias lola a.k.a loading lama. Beruntung jika Anda menggunakan koneksi internet cepat, jadi ga ada buffer. Alternatif lainnya adalah mendownload mp3. Tapi tak banyak yang tahu, entah karena tak diberitahu, atau tak mau tahu, bahwasanya MENDOWNLOAD MP3 GRATIS ADALAH ILEGAL! Baiklah, saya takkan menceramahi Anda mengenai ini. Sebenarnya saya hanya ingin membahas situs penyedia lagu streaming, LEGAL dan GRATIS.

Para musisi dan pecinta musik sejati mungkin sudah tidak asing lagi dengan Myspace.com. Dengan koleksi lagu yang lengkap dan jaringan artis yang dimilikinya, Myspace adalah situs streaming musik terbesar. Dari Mozart sampai Adele, bisa Anda temukan disini. Bagaimana dengan artis lokal? Sayang, bisa dihitung dengan jari berapa artis Indonesia yang terdaftar disini. Kalaupun ada, kebanyakan lagunya di-upload oleh fans, bukan resmi dari artis atau manajemennya. Beberapa artis lokal yang koleksi lagunya cukup lengkap dan update di Myspace adalah Sheila On 7, Yovie And Nuno, Glenn Fredly, Cokelat, Gigi, Padi, The Changcuters dan ... apalagi ya?

[caption id="attachment_193532" align="alignnone" width="590" caption="Tampilan music player Myspace"][/caption]

Syukurlah, ada segelintir anak muda Indonesia yang sepertinya akan menyelamatkan krisis musik di negeri ini. Yang saya maksud "krisis" adalah pembajakan dan distribusi ilegal di internet. Dunia musik Indonesia sebenarnya sedang bergairah dengan banyaknya artis baru dan tayangan musik yang beragam di berbagai stasiun TV.

Sambutlah Ohdio, situs streaming gratis pertama di Indonesia. Keberadaanya diharapkan dapat menyediakan akses pada lagu-lagu Indonesia, secara legal dan ...gratis! Ketika tulisan ini dibuat, artis-artis dari Musica sudah terdaftar dalam database Ohdio. Tapi mungkin belum bisa dimainkan. Saya optimis situs ini membawa angin segar dalam dunia musik Indonesia. Semoga :)

[caption id="attachment_193533" align="alignnone" width="596" caption="Tampilan music player Ohdio"]

1345130637853620342
1345130637853620342
[/caption]

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x