Mohon tunggu...
A Damanhuri
A Damanhuri Mohon Tunggu... Gemar bersosial dan penikmat kopi

Koordinator Sarjana dan Pemuda Penggerak Wajib Belajar (SP2WB) Padang Pariaman 2008, Ketua Bidang Humas dan Media HIPMI Padang Pariaman 2010-2014, Wakil Sekretaris DPD KNPI Padang Pariaman 2005-2008, Wakil Ketua DPD KNPI Padang Pariaman 2009-2013, Humas dan Litbang Ponpes Madrasatul 'Ulum Padang Pariaman 2006-2011, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Perwakilan Padang Pariaman 2009-2014.

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Darmon Pastikan Cawabup Padang Pariaman dari PKS

15 Desember 2019   10:17 Diperbarui: 15 Desember 2019   10:34 36 1 0 Mohon Tunggu...
Darmon Pastikan Cawabup Padang Pariaman dari PKS
dokpri

Seharusnya Kabupaten Padang Pariaman sudah maju dan sejahtera. Namun, kenyataan hari ini bertolak-belakang dengan kondisi yang terjadi saat ini. Sejarah panjang daerah ini dalam pergulatannya, melahirkan beberapa daerah, konsep ke depan harus jadi acuan dalam melangkah menata daerah ini ke arah yang lebih baik lagi.

Politisi PAN Sumatera Barat, H. Darmon menyampaikan hal itu, Sabtu (14/12/2019) dihadapan tim pembedah visi misi calon kepala daerah DPD PKS Padang Pariaman. Dengan suara lantang yang menjadi khasnya mantan anggota DPRD Sumbar itu menyampaikan gagasannya jika terpilih jadi Bupati Padang Pariaman dalam Pilkada tahun depan, membuat keluarga besar PKS menaruh harapan.

Bagi Darmon yang telah pernah jadi anggota DPRD Padang Pariaman dua periode, pemberdayaan ekonomi masyarakat mutlak adanya. "Kita punya potensi pertanian dan pesisir pantai yang panjang, yang keberadaannya belum tergarap secara maksimal. Nah, ini butuh kajian bersama, sehingga ekonomi masyarakat kuat dan bersaing," ungkapnya.

"Contoh yang paling nyata, setiap rumah masyarakat kita punya lahan yang cukup luas tetapi kosong alias tidak ada tanaman apa-apa selain kelapa yang merupakan peninggalan yang tua-tua dulunya," ujar dia. Persoalan lemparan hasil pertanian, Pemkab harus punya Perusda. Bagian ini harus serius karena Padang Pariaman sangat banyak aliran irigasi, batang air dan sungai sehingga ini akan mendatangkan makan tambahan pokok bagi masyarakat dan menimbulkan gizi yang cukup untuk kebutuhan hidup.

Dia melihat, sangat sedikit batang air yang ada di samping rumah masyarakat yang termanfaatkan. Untuk mendapatkan ikan masyarakat masih harus bergantung ke pasar yang jauh dari rumahnya. Pemerintah Padang Pariaman akan menganggarkan dan merealisasikan dengan RPJM dengan Dinas Perikanan yang akan ditunjuk merealisasikan dengan program yang jelas dan tegas, sekaligus dengan pengawasan yang tepat.

Begitu juga soal pendidikan. Ekonomi dan pendidikan, katanya, saling berkaitan. Sangat tidak mungkin pendidikan anak-anak akan sukses, bila ekonomi masyarakat masih jauh dari harapan. "Untuk ini, perlu kesediaan pupuk yang terjangkau, harga pertanian yang mampu memicu gairah pertanian itu sendiri," ulas Darmon.

Menurut Darmon, untuk mewujudkan ekonomi Padang Pariaman yang sejahtera lahir dan batin, harus memulainya dengan kehidupan keagamaan. Pemerintah menggerakkan, memfasilitasi masyarakatnya untuk bisa memakmurkan masjid, mengatasi berbagai penyakit masyarakat dan kekhawatiran  terhadap lost generation. Kehilangan generasi emas ini harus ada gerakan massal dari seluruh lini, dan hanya kekuasaan Allah yang akan menggerakkan bupati dengan stakeholdernya sampai ke nagari dan ulama semuanya.

Darmon yang Ketua Pengkab Perbasi ini memastikan bakal calon wakilnya diambilkan dari PKS Padang Pariaman. "Saya merasakan visi dan misi yang saya sampaikan ini sangat sejalan dengan agenda besar PKS. Untuk ini, saya akan ambil kader PKS untuk jadi wakil bupati nantinya, insya Allah," tegas dia.

Ketua Tim Optimalisasi Daerah (Tomda) DPD PKS Padang Pariaman Iskandar Bustami yang didampingi Ketua DPD PKS yang sekaligus Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman Risdianto, Ketua Fraksi PKS, Yuliasman menyampiakan, bedah visi misi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dilakukan dua hari, Sabtu dan Minggu.

"Hari ini ada delapan calon yang menyampaikan dan ikut bedah visi misi tersebut. Yakni H. Refrizal, H. Yobana Samial, Endarmy, H. Damsuar, Tosriadi Jamal, Idarussalam, Chairul Akbar, dan H. Darmon," kata Iskandar Bustami yang pernah jadi anggota DPRD Padang Pariaman ini.

Dia menilai, dari sekian banyak yang menyampaikan visi misi, hanya seorang Darmon yang berani pasang badan dengan PKS. "Luar biasa. Sebagai partai yang punya kekuatan di dewan, memiliki empat kursi dan pimpinan dewan, ya PKS tentu punya kader untuk ikut pula dalam pusaran politik Pilkada tersebut. Bisa bupati, bisa pula wakil bupati," ungkapnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x