Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bola

Belanda Membungkam Qatar 2-0, Gakpo dan De De Jong Bawa De Oranje Lolos ke 16 Besar

30 November 2022   06:56 Diperbarui: 30 November 2022   07:16 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belanda lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai kalahkan Qatar 2-0 (Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista)

Matchday terakhir Grup A Piala Dunia 2022,  yang mempertemukan Belanda dengan Qatar, Selasa 29 November 2022. Pertandingan kedua tim tersebut, berlangsung di Al-Bayt Stadium. Qatar sebagai tuan rumah piala dunia, tidak menyerah begitu saja dengan menekan De Oranje dari menit awal pertandingan. Tapi itu tidak berlangsung lama, De Oranje memegang kendali lapangan dan berbalik menyerang benteng pertahanan Qatar. Pada menit ke-26, Cody Gapo berhasil melepaskan sepakan ke  kiri bawah gawang Qatar yang berbuah gol usai menerima assist dari Davy Klassen, membuat Belanda unggul1-0.

Unggul 1-0, Belanda semakin semangat untuk menambah keunggulan, Qatar yang hanya mengharapkan serangan balik hanya memiliki 1 kesempatan itupun melenceng dari gawang Belanda. Sampai turun minum skor tidak berubah 1-0. Di babak kedua, Belanda langsung menekan pertahanan Qatar untuk mencari celah kosong. De Jong berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-49 usai menceploskan bola hasil dari bola muntah Memphis Depay. Tertinggal 2-0, Felix Sanchez melakukan strategi dengan memasukkan tenaga baru sekaligus yaitu Karim Boudiaf, Mohammed Muntari dan Ali Asad dimasukkan untuk menggantikan Assim Madibo, Almoez Ali dan Hassan Al Haydos. Dua menit berselang, Van Gaal menarik keluar Davy Klaassen dan Memphis Depay dan digantikan dengan Steven Berghuis dan Vincent Janssen. Dua menit berselang, Berghuis hampir menambahbergh keunggulan Belanda melalui sepakannya, namun sebelumnya Gakpo terekam VAR handsball, sehingg gol di anulir. Di menit-menit akhir babak kedua,  tembakan Berghuis nyaris gol, bola membentur mistar gawang. Dengan kemenangan 2-0 atas Qatar, membuat De Oranje Juara Grup A sekaligus memastikan tiket lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Susunan pemain Qatar dan Belanda
Belanda (3-4-1-2): Noppert; Ake, van Dijk, Timber; Blind, De Jong, De Roon, Dumfries; Klaassen; Gakpo, Depay
Pelatih: Louis van Gaal

Qatar (5-3-2): Barsham; Ahmed, Hassan, Khoukhi, Correia, Mohamad; Hatem, Madibo, Al-Heidos; Afif, Abdulla
Pelatih: Felix Sanchez

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun