Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Motor Terbang, Inovasi Teknologi dan Status Sosial

20 September 2022   07:03 Diperbarui: 20 September 2022   10:05 290 29 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Motor terbang Hoverbike buatan Jepang  launching di Detroit. (Dok: Reuters/Stringer)

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, membuat manusia menemukan inovasi baru dalam berbagai bidang termasuk teknologi pada kendaraan. Di zaman modern ini mungkin sering terlintas khayalan tingkat tinggi di pikiran kita, apa mungkin motor dan mobil bisa terbang agar kita bisa cepat sampai tujuan serta terhindar dari arus kemacetan. 

Realitanya sekarang sudah terbukti, belum lama ini Jepang membuat inovasi produk teknologinya yaitu motor terbang produksi AERWINS  Technologies yang dinamai  Hoverbike XTURISMO mulai  launching di Detroit, Amerika Serikat.

 Berdasarkan informasi dari laman idxchannel.com, motor terbang XTURISMO memiliki spesifikasi berat 3oo kg, jangkauan Maksimum 40 km, kecepatan tertinggi 80-100 Kph, bahan bakar Hoverbike ini menggunakan baterai dengan kapasitas berat maksimal 100 kg. 

Hoverbike ini dapat terbang selama 40  menit dengan kecepatan hingga  62 mil per jam(100 kph), sedangkan untuk harga Hoverbike di Jepang telah dijual dengan harga USD 777.000. CEO AERWINS, Shuhei Komatso berencana untuk tahun 2023 ada varian yang lebih kecil di Amerika Serikat, dan harga yang lebih terjangkau menjadi US$ 50.000 untuk varian berbahan bakar listrik yang lebih kecil. Untuk masyarakat Indonesia motor Hoverbike termasuk kategori mewah, mungkin hanya beberapa orang saja yang dapat memilikinya. 

Memang harga Hoverbike ini sepadan dengan teknologi yang super canggih ini dan merupakan suatu kebanggaan jika memiliki Hoverbike ini secara langsung menunjukkan kelas sosialnya di mata masyarakat. 

Menurut data CEIC Pendapatan per kapita masyarakat Indonesia masih US$ 4.349.17, tentunya untuk memilki Hoverbike ini sesuatu hal yang sulit dijangkau, mungkin untuk kendaraan roda empat yang harganya di atas Rp. 200.000.000 untuk kategori masyarakat Indonesia termasuk lebih dari cukup. 

Banyak kebutuhan yang lebih penting seperti kebutuhan pokok makanan, tempat tinggal, biaya kebutuhan anak dan keluarga. Inovasi teknologi ini tetap kita sambut dengan baik, walau bagaimanapun perkembangan teknologi dibutuhkan manusia untuk memudahkan manusia dalam menjalankan segala aktivitasnya. Semoga di Indonesia juga memunculkan inovasi teknologi yang tidak kalah hebat dan bisa dinikmati oleh banyak orang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan