Mohon tunggu...
Achmad Farhan
Achmad Farhan Mohon Tunggu... Jurnalism

Berita akurat dan terpercaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektivitas Metode Belajar Online SMK Muhammadiyah 4 Jakarta

14 Juni 2021   19:15 Diperbarui: 14 Juni 2021   19:24 35 1 0 Mohon Tunggu...

Wabah corona virus disarseas 2029 atau yg disebut juga covid-19 merupakan wabah penyakit yang berasal dari tiongkok yang telah menyebar dengan cepat keseluruh penjuru bumi. Virus ini menyerang sistem pernafasan manusia. Virus covid-19 menyebar di indonesia pada awal maret 2020 yang dimulai dengan adanya korban positif di kota depok. Setelah itu peningkatan kasus terjadi begitu pesat ke seluruh wilayah jabodetabek sehingga menjadi kawasan zona merah. 

Penyebaran virus covid-19 ini menyebabkan beberapa kerugian dan dampak buruk di berbagai sektor ekonomi,sosial maupun pendidikan dll. 

Dalam bidang pendidikan, dengan munculnya wabah covid-19 sektor ini pun bertransformasi dengan menggunakan metode secara daring.  SMK MUHAMMADIYAH 4 yang berlokasi di jakarta barat juga menggunakan sistem belajar daring selama pandemi ini. 

"Ketika menteri pendidikan memberlakukan kebijakan sekolah secara online, kita dari team guru menyiapkan strategi belajar online yang efektif bagi siswa dan siswi agar tetap menyerap ilmu yg positif dimasa pandemi ini. Dengan kemajuan teknologi saat ini sangat membantu untuk kami berinteraksi secara online dengan para siswa dan siswi untuk membahas pelajaran yang dilaksanakan." Ujar Muhammad Khadaffi salah satu tenaga pengajar di smk muhammadiyah 4 slipi melalui wawancara via whatsapp (14/06/2021).

Pembelajaran online ini tentu menjadi tantangan baru bagi tenaga pengajar dari setiap tingkatan yang membuat mereka harus menguasai media pembelajaran online untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran dan diharapkan mampu berkreasi dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal.

VIDEO PILIHAN