Mohon tunggu...
Achmad Dhany Qurniawan
Achmad Dhany Qurniawan Mohon Tunggu... Civitas Akademika

Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Anggaran Pembiayaan Tol Probolinggo-Lumajang

30 Maret 2020   19:34 Diperbarui: 30 Maret 2020   19:46 70 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap yang ada di kehidupan ini pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Mau tidak mau kita harus tumbuh dan berkembang untuk melangsungkan hidup di dunia ini. 

Bukan hanya manusia dan makhluk hidup saja, namun suatu kota atau kawasan juga akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan suatu kawasan merupakan hal yang wajib untuk dikaji dan dilaksanakan. 

Pertumbuhan dan perkembangan suatu kota dapat dilihat dari pembangunan di dalamnya, entah itu pembangunan sumber dayanya maupun pembangunan infrastruktur nya. 

Berbicara tentang pembangunan memang tidak akan ada habisnya, terutama di negara Indonesia ini. Indonesia merupakan salah satu contoh negara berkembang yang berada di kawasan Asia Tenggara.

 Di era sekarang ini pembangunan sedang gencar -  gencarnya dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pembangunan tingkat desa, kota, hingga nasional, bahkan pembangunan bertaraf internasional juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam upaya untuk menjadi negara maju.

Salah satu contoh wilayah yang sedang melakukan perencanaan terkait pembangunan yaitu Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Thoriqul Haq selaku

Bupati Lumajang mengatakan bahwa perencanaan pembangunan jalan bebas hambatan / Tol Probolinggo -- Lumajang dimulai pada 2020, dan sementara pengerjaan proyek tersebut akan dimulai 2021. 

Presiden Joko Widodo telah menandatangani proyek Tol Probolinggo -- Lumajang sebagai program prioritas nasional dan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, dan disebutkan bahwa anggaran yang akan diberikan oleh pemerintah pusat untuk proyek Tol tersebut yaitu senilai Rp 4,7 Triliun.

Pembangunan Tol Probolinggo -- Lumajang telah sampai tahap perencanaan dan salah satunya yaitu pengambilan jalur yang akan segera ditetapkan, dan selanjutnya akan melalui berbagai tahapan, salah satunya pembebasan tanah yang akan dinegosiasikan dengan warga setempat yang lahannya dilalui jalur Tol. Thoriqul Haq mengatakan bahwa setelah tanahnya dibebaskan, insya Allah pembangunan sudah mulai dikerjakan di tahun depan dan harapannya tahun 2023 jalan tol sudah dapat digunakan.

Pembangunan jalan tol tersebut tidak hanya mempermudah akses masyarakat untuk bepergian saja, namun juga untuk menuntaskan kemacetan yang terjadi di area Kecamatan Ranuyoso dan Klakah. 

Selain itu dengan terbukanya akses jalan tol tersebut nanti juga akan meningkatkan potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Lumajang. Selain itu dikatakan juga bahwa pembangunan Tol Probolinggo -- Lumajang merupakan salah satu program prioritas nasional dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN