Bisnis yang terbilang sukses, pasti mengalami banyak jatuh bangun untuk menjadi besar. Hal ini, tidak lepas dengan kualitas produk dan strategi pemasaran produk. Dalam pemasaran produk terbagi dalam 2 bagian, yaitu Online dan Offline. Bahkan, startegi pemasaran ini merupakan kunci utama sebuah bisnis. Maka dari itu perlu adanya strategi yang tepat dalam memasarkan produk Sobat ACE.
Sobat ACE harus mengenal teori manajemen sebelum melakukan usaha karena itu adalah satu langkah awal yang positif. Ilmu manajemen yang merupakan bagian dari ilmu ekonomi seharusnya diterapkan pada berbagai sektor usaha, bahkan di setiap aspek kehidupan. Setiap kegiatan wajib dilandasi perencanaan, pengelolaan serta diikuti dengan pewujudan sasaran target. Proses pewujudan perencanaan harus efektif dan efisien dalam pemanfaatan sumber daya yang dimiliki, waktu, tenaga, alokasi biaya hingga resiko.
Proses (Fungsi) manajemen (POAC):
a. Planing>>> Perencanaan (direncanakan cara alokasinya).
b. Organizing>>> Diorganisasikan atau dikelompok-kelompokan/dipisah-pisah sehingga tertata rapih.
c. Actuating>>> Diarahkan. Ditunjukan tujuan/goal yang dipisah-pisah tadi.
d. Controling>>> Diawasi dikontrol agar tidak keluar jalur.
Input: Semua sumber modal yang kita punya, bisa itu Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), Permodalan, Skill untuk jasa, bahan baku.
Output: yang efektif (tepat sasaran) dan efisien (tepat guna).
Seperti halnya manajemen, pengertian perusahaan pun bermacam-macam, tapi intinya perusahaan itu hanya ada 4+1 (empat sehat + lima sempurna), dikenal dengan istilah fungsi perusahaan.
- Produksi: kegiatan memproduksi produk (dalam perusahaan dagang diganti dengan pembelian/purchasing).
- Keuangan: mengenai permodalan dan keuangan
- SDM: Mengenai manusia dan pekerja, karyawan, buruh dsb
- Pemasaran: mengenai penyampaian produk ke masyarakat
- Plus R&D (research dan development): perusahaan yang mapan pasti punya divisi R&D untuk mengebangkan produknya
Dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen dalam sebuah perusahaan berarti memproses input berupa (SDM, SDA (bahan baku)), SDMo(modal), Skill (keahlian), Mesin dan sebagainya, menggunakan proses manajemen POAC untuk fungsi perusahaan (produksi, keuangan, pemasaran, SDM dan R&D) sehingga menghasilkan output berupa barang atau jasa yang berkualitas (efektif) serta dengan pengeluaran seminim mungkin untuk menekan harga (efisien), produk sebagus mungkin tetapi dengan biaya serendah mungkin.