Mohon tunggu...
ACE Commerce Community
ACE Commerce Community Mohon Tunggu... Lainnya - Logo ACE Commerce

ACE Commerce adalah Komunitas belajar cross-border (ekspor-impor) dan E-commerce pertama di Indonesia🇮🇩 klik disini untuk mengetahui atau join di ACE Commerce Community Gratis! https://siom.ai/acecommerceid/

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Pemasaran Produk dengan Teori Manajemen Bisnis Online dan Offline

30 September 2020   08:47 Diperbarui: 30 September 2020   08:55 667
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis yang terbilang sukses, pasti mengalami banyak jatuh bangun untuk menjadi besar. Hal ini, tidak lepas dengan kualitas produk dan strategi pemasaran produk. Dalam pemasaran produk terbagi dalam 2 bagian, yaitu Online dan Offline. Bahkan, startegi pemasaran ini merupakan kunci utama sebuah bisnis. Maka dari itu perlu adanya strategi yang tepat dalam memasarkan produk Sobat ACE.

Sobat ACE harus mengenal teori manajemen sebelum melakukan usaha karena itu adalah satu langkah awal yang positif. Ilmu manajemen yang merupakan bagian dari ilmu ekonomi seharusnya diterapkan pada berbagai sektor usaha, bahkan di setiap aspek kehidupan. Setiap kegiatan wajib dilandasi perencanaan, pengelolaan serta diikuti dengan pewujudan sasaran target. Proses pewujudan perencanaan harus efektif dan efisien dalam pemanfaatan sumber daya yang dimiliki, waktu, tenaga, alokasi biaya hingga resiko.

Proses (Fungsi) manajemen (POAC):

a. Planing>>> Perencanaan (direncanakan cara alokasinya).

b. Organizing>>> Diorganisasikan atau dikelompok-kelompokan/dipisah-pisah sehingga tertata rapih.

c. Actuating>>> Diarahkan. Ditunjukan tujuan/goal yang dipisah-pisah tadi.

d. Controling>>> Diawasi dikontrol agar tidak keluar jalur.

Input: Semua sumber modal yang kita punya, bisa itu Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), Permodalan, Skill untuk jasa, bahan baku.

Output: yang efektif (tepat sasaran) dan efisien (tepat guna).

Seperti halnya manajemen, pengertian perusahaan pun bermacam-macam, tapi intinya perusahaan itu hanya ada 4+1 (empat sehat + lima sempurna), dikenal dengan istilah fungsi perusahaan.

  • Produksi: kegiatan memproduksi produk (dalam perusahaan dagang diganti dengan pembelian/purchasing).
  • Keuangan: mengenai permodalan dan keuangan
  • SDM: Mengenai manusia dan pekerja, karyawan, buruh dsb
  • Pemasaran: mengenai penyampaian produk ke masyarakat
  • Plus R&D (research dan development): perusahaan yang mapan pasti punya divisi R&D untuk mengebangkan produknya

Dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen dalam sebuah perusahaan berarti memproses input berupa (SDM, SDA (bahan baku)), SDMo(modal), Skill (keahlian), Mesin dan sebagainya, menggunakan proses manajemen POAC untuk fungsi perusahaan (produksi, keuangan, pemasaran, SDM dan R&D) sehingga menghasilkan output berupa barang atau jasa yang berkualitas (efektif) serta dengan pengeluaran seminim mungkin untuk menekan harga (efisien), produk sebagus mungkin tetapi dengan biaya serendah mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun