Mohon tunggu...
ACE Commerce Community
ACE Commerce Community Mohon Tunggu... Logo ACE Commerce

ACE Commerce adalah Komunitas belajar cross-border (ekspor-impor) dan E-commerce pertama di Indonesia🇮🇩 klik disini untuk mengetahui atau join di ACE Commerce Community Gratis! https://siom.ai/acecommerceid/

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tips Sukses Menjalani Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

26 Mei 2020   14:50 Diperbarui: 26 Mei 2020   15:37 17 0 0 Mohon Tunggu...

Di tengah-tengah ketidakpastian dan situasi yang bisa berubah dengan cepat, banyak pelaku bisnis terpaksa harus menggulung tikar lantaran terkena dampak yang serius dari Pandemi Covid-19 ini seperti usaha di bidang Travel, Transport and Accommodation hingga bisnis perhotelan pun dibuat lumpuh. Situasi sulit ini tentu menjadi tatangan tersendiri bagi pemilik usaha, para pembisnis pun akhirnya memutar otak memikirkan berbagai cara untuk menyusun ulang rencana dan strategi usahanya agar bisa tetap bertahan. 

Sebagai pelaku usaha, diperlukan beberapa cara untuk dapat bertahan. Perubahan pada pengaturan arus keuangan perusahaan perlu dilakukan untuk tetap dapat mempertahankan bisnis, serta mengubah strategi dan plan untuk menyesuaikan dengan keadaan saat ini.

Berikut kami akan memberikan tips mengenai cara-cara apa saja yang dapat kamu lakukan selaku pemilik usaha untuk bisa mempertahankan bisnis kamu di tengah pandemic Covid-19 yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi tambahan, yuk disimak!

1. Beradaptasi Dengan Keadaan

Tips yang pertama adalah beradaptasi, karena mau bagaimanapun tidak hanya pelaku usaha namun semua orang hampir di seluruh dunia pun merasakan dampak akibat Pandemi Covid-19. Dengan beradaptasi kamu selanjutnya dapat memikirnya strategi dan cara-cara kreatif untuk terus melanjutkan usaha yang kamu punya.

Contohnya jika kamu memiliki caf/rumah makan kamu dapat memberikan free ongkir/ongkos kirim untuk pembeli kamu atau memberikan berbagai promo.

2. Maksimalkan dan Memanfaatkan Peluang Berbisnis Secara Online

WHO dan pemerintah kerap kali menerapkan physical distancing dan #dirumahaja sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin cepat. Dengan begini, kita tidak bisa lagi berkerumun untuk sekedar makan, nongkrong di caf, pergi ke bioskop dan jalan-jalan di tempat keramaian. Oleh karena itu, banyak toko dan pusat perbelanjaan pun tutup.

Nah, tidak ada salahnya kan jika kondisi ini kalian manfaatkan dengan mencoba beralih ke penjualan Online? Platform yang kamu butuhkan juga tidak sulit, modal yang sedikit bahkan tidak perlu mengeluarkan modal (kecuali kamu ingin membuat website sendiri). Kamu bisa memulainya dengan berjualan di sosial media hingga e-commerce.

Seperti contoh, jika kamu memiliki usaha Toko Baju, sebaiknya manfaatkan Instagram dan E-commerce untuk menjualnya. Jangan lupa sertakan promo menarik untuk pelanggan ya!

3. Melakukan Strategi Marketing Yang Baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN