Mohon tunggu...
Abu Tajir
Abu Tajir Mohon Tunggu... Bakul buku

Bakul buku yang hobi duit, nulis dan mengolah manusia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rangkul Diaspora Indonesia dan Sejahterakan Mereka!

27 Januari 2020   16:14 Diperbarui: 27 Januari 2020   16:15 16 0 0 Mohon Tunggu...

Jalan diaspora orang Tiongkok dan India pulang kampung tak serupa, tapi hasilnya sama; sama-sama menyumbang pembangunan di negara masing-masing.

Sebagian besar modal asing masuk ke Tiongkok adalah berkat para diaspora Tiongkok. Sejumlah industri berkaitan dengan komputer dan rumah sakit di India merupakan modalnya dari diaspora India; sendiri maupun berpatungan dengan pihak lain.

Diaspora Tiongkok sukses membangun daratan Tiongkok karena kombinasi dua hal: karakter individu dan adanya organisasi yang efisien.

Sebuah studi pada 1980-an menyimpulkan, salah satu kunci sukses Tiongkok perantauan adalah, lebih dari etnis lain, menganggap di mana dia berada itulah "tanah air-nya". Hingga mereka tak bekerja setengah hati di mana pun dan ikatan dengan kampung halamannya kuat; karena bagaimanapun leluhur ada di kampung.

Di Tiongkok sendiri sejak Mao Zedong berkuasa tahun 1949, di dalam pemerintah pusat ada komite yang mengurusi perantauan.

Sudah sejak awal pemerintahannya, Deng Xiaoping selalu bilang bahwa warga Tiongkok perantauan adalah potensi besar untuk membangun negeri.

Kini komite yang berada dalam organisasi pemerintahan pusat itu memiliki cabang di tiap provinsi di RRT, dan urusannya tak hanya mengatur strategi agar perantau mau pulang, tapi juga membantu merekayang hendak merantau.

Menjelang abad 21, pusat industri di Bangalore India berkembang pesat dan didominasi industri komputer.

Pada 2001, salah satu edisi majalah komputer Plus, menyebut-nyebut kemungkinan Bangalore menjadi Silicon Valley-nya India, dan ternyata kini menjadi kenyataan. Itu berkat pulangnya diaspora India dari Silicon Valley, karena memang mereka ingin pulang, atau karena diminta secara khusus oleh pemerintah India.

Sukses diaspora India membangun Bangalore itu tampaknya yang membuat Narendra Modi, yang memenangi pemilihan perdana menteri India tahun 2014, membentuk kementerian urusan perantau.

Modi tak henti-hentinya mengimbau agar diaspora India pulang dan berinvestasi di India.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x