Mohon tunggu...
Jong Celebes
Jong Celebes Mohon Tunggu... pengajar

"Tidak ada kedamaian tanpa Keadilan"

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Balitbang PUPR Sekarang Punya Pintu "Ajaib"

8 Desember 2015   07:21 Diperbarui: 8 Desember 2015   08:23 189 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Tema Nangkring kali ini 'hadirkan solusi seiring inovasi,Gedung Heritage Balitbang PUPR,Sabtu (5/12/15)"][/caption]

Wow..senang banget hari ini,  saya ketiban untung. Gara-gara ikut nongkrong di acaranya Kompasiana Nangkring ehh tiba-tiba dapat hadiah. Waktu MC Mbak Citra ngajukan sebuah Quiz, betttt,,,,instink saya langsung nyamber, dan jawabanku benar. Panitia langsung menghampiri dan minta foto copi KTP dan tanda tangan. Mmm…Hadiahnya lumayan lah. Dapat flazz prabayar dengan nominal hmmmm kasih tau nggak yaaaa ???? nggak usahlah ya,nanti pada ngiri lagi hehehe. Gimana keseruannya? Ini ceritanya……

Ini pengalaman pertama ikut Kompasiana Nangkring, bukan karena nggak pernah tau event ini, lebih karena waktunya memang nggak pernah pas sama jadwal saya. Cieeeh kayak orang penting aja jadwal-jadwal segala…iya kebenaran waktu ngobrol-ngobrol sesama kompasianer di Senayan kemarin, kompasianer Giovanni ngasih tahu kalau besok ada Kompasiana Nangkring, katanya masih ada 5 seat kosong, buru-buru saya ambil gadget lalu email ke admin kompasiana. nggak berapa lama hari itu juga saat asyik-asyik makan sate di Sate Khas Senayan, FX Sudirman, ada email masuk pemberitahuan dari admin kompasiana kalau saya bisa ikut acara besok. Wah pikiran bercabang lagi, antara ikut Nangkring atau ikut jadwal lain, nah loh bentrok lagi..dilema lagi.

Nggak sampai Salat istikharah sih, saya akhirnya memutuskan ikut Kompasiana Nangkring. Kapan lagi, dalam hati. Singkat cerita, besoknya hari Sabtu (5/12), tepat pukul 9.30 saya tiba di Gedung Heritage Lantai 1 Komplek perkantoran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Setelah registrasi di meja resepsionis yang ditungguin dua cewek, seperti itulah mestinya penerima tamu, enak dipandang. lalu pandangan saya arahkan ke seluruh sudut ruangan, mencoba mencari-cari wajah-wajah familiar. Benar aja, disana sudah duduk manis sahabat-sahabat kompasianer lainnya seperti Mas Sobari KCL dan Koko Giovanni , Mas Agung dan Mas Rahab dan beberapa wajah-wajah yang nggak asing.

Sambil nunggu peserta lain, kami disuguhi  snack dan alunan musik dari sebuah Band. Menambah suasana santai hari itu. Kita bisa berdendang ria sambil ngobrol ringan dengan yang peserta lainnya.

Acaranya seru dan rame sekali. Ada sekitar 50 kompasianer ikut acara itu. Ditambah beberapa pegawai dari PUPR dan undangan lainnya.

Tema acaranya adalah “Hadirkan Solusi Seiring Inovasi”. Acaranya di Moderator-in sama Mbak Wardah Fajri, seorang kompasianer juga. Dia tampil bak Mata Najwa, pertanyaan yang kritis dan mengena. Bisa menghidupkan suasana dan merangkum poin-poinnya.

sebelum lupa,saya mau ngasih tau kalau Acara tadi itu dalam rangka Soft launching PINTU (Pusat Informasi Terpadu) milik Balitbang Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang beralamat di Gedung Heritage JL. Pattimura No.20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Balitbang itu semacam 'otaknya' Kementerian PUPR, bahasa inteleknya ‘think tank’. Ya namanya tanki pemikir berarti disanalah semua para pakar berada, sebut saja pakar Bidang Sumber daya Air, Bidang Jalan dan Jembatan, Bidang Permukiman, Bidang sosial ekonomi dan Lingkungan. Wah banyak kan…disanalah sebuah produk dan inovasi terbaru digodok untuk diterapkan bagi kemaslahatan orang banyak. Produk-produk yang sudah dihasilkan antara lain komposter, Tungku sanira, Flood Early Warning System, Bendung Knock Down, Sumur Resapan, Ruang Henti Khusus (RHK), Jembatan Plat Orthotropik, sindila, Tambalan cepat mantab.

Tapi benar,  setelah tadi saya ikut dan dengar penjelasan dari para narasumber yang hadir, Saya akhirnya banyak tahu tentang apa saja yang sudah sedang dilakukan Balitbang PUPR. Hadir saat itu ada Kepala Balitbang Kementerian PUPR Bapak Arie Setiadi Moerwanto, Sesba Litbang Bapak Bernaldy, Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga Ibu Mirna Amin, Kepala Biro Komunikasi Publik Velix Wanggai, Pemerhati Lingkungan Bapak Leonarda ibnu Said dan Kepala Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman (TKDP) Kota Tangerang Selatan Bapak Dendi Priadana serta beberapa pejabat PU lainnnya.

[caption caption="keterangan Foto: Dari kiri ke kanan, Mbak Wardah Fajri, Bpk Leo, Bpk Arie Setiadi dan Bpk Dendi Priandana (foto dok: M. Sobari)"]

[/caption]

[caption caption="keterangan foto : duduk dari kiri ke kanan, Bpk Arie Setiadi, Ibu Mirna Amin dan Bpk Bernaldy"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x