Mohon tunggu...
Abu Kapota
Abu Kapota Mohon Tunggu... Aktivis di Forum Mahasiswa Kota Makassar

Kerja dipengangguran dan nganggur dipekerjaan

Selanjutnya

Tutup

Media

UIM Dalam Fasilitas Jurnalistik Kelembagaan

16 Juli 2019   19:02 Diperbarui: 16 Juli 2019   20:28 0 0 0 Mohon Tunggu...
UIM Dalam Fasilitas Jurnalistik Kelembagaan
Perkembangan Teknologi, UIM Harus Fasilitasi Kebutuhan Lembaga Pers Mahasiswa

Sejauh ini kampus Universitas Islam Makassar belum semaksimal mungkin menyediakan fasilitas Kelembagaan kampus untuk Lembaga Pers Kemahasiswaan. Padahal lembaga pers kampus merupakan salah satu lembaga penting mengingat perkembangan arus informasi semakin maju dan generasi muda harus dituntut untuk terus berkreasi dan berinovasi mengingat semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan situasi zaman.

Lembaga Pers Kampus selain sebagai proses pembelajaran mahasiswa untuk mengasah dan mengembangkan skillnya di bidang teknologi informasi, juga merupakah wadah untuk mempublikasikan informasi seputar kampus yang dianggap penting dan perlu untuk diketahui oleh masyarakat luas.

Ini merupakan suatu hal yang perlu dipikirkan kembali oleh kampus. Apalagi Lembaga pers kampus sudah berdiri lama di Univeristas Islam Makassar dan telah banyak memberikan kontribusi kepada perkembangan kampus terutama mengangkat nama baik kampus sebagai laboratorium pengetahuan melalui penyebaran-penyebaran informasi.

Penulis sebagai salah satu mahasiswa Universitas islam makassar merasa prihatin terhadap kondisi ini, dimana situasi sekarang harusnya yang di tekankan bukan hanya menciptakan intelektual semata melainkan juga harus menciptakan pemuda yang mampu kreatif memanfaatkan media komunikasi dengan baik, terutama dalam menyampaikan informasi seputar peristiwa, menyalurkan gagasan dan pesan-pesan penting untuk kepentingan masyarakat luas.

Itu yang penulis kira perlu dan harus di benahi untuk meningkatkan kreatifitas dan skill mahasiswa. Mengingat perubahan kondisi zaman yang semakin pesat dan kecenderungan masyarakat semakin konsumtif dalam perosalan informasi media masa. 

Belum lagi banyaknya informasi-informasi hoax yang tersebar berhamburan dibanyak saluran media yang tidak bertanggung jawab, maka mahasiswa harusnya dituntun untuk menjadi control of Social dalam melawan informasi hoax dengan kemampuannya menelurkan informasi fakta. Tentu sangat perlu fasilitas yang mendukung informasi itu di baca dan diketahui oleh masyarakat dengan menyediakan media online atau koran yang baik dan juga menyediakan peralatan peliputan dan ruang perekaman yang mendukung untuk meningkatkan semangat ber-Pers dan menciptakan pewarta kampus unggulan.

Sampai saat ini, penulis belum melihat itu yang padahal semangat mahasiswa ber-Pers masih saja ada dan mereka masih memanfaatkan media gratis yang masih mempunyai banyak keterbatasan yang juga bisa dibuat oleh setiap orang, padahal harusnya itu tidak layak untuk digunakan oleh lembaga resmi seperti Lembaga Pers.

Kita ingin kampus kita menjadi Kampus yang respek terhadap situasi zaman terutama selalu ikut menyesuikan diri dengan kebutuhan konsumen yang menjadi pembaca dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang disediakan oleh kampus. Kita berharap bahwa alumnus Pers Kampus menjadi kontributor informasi yang mampu bersaing dengan kampus-kampus lain dan juga mampu bertarung menjadi tameng dalam menghadapi banyaknya informasi hoax yang terus beredar.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x