Mohon tunggu...
ahmad abudarda
ahmad abudarda Mohon Tunggu... RAKYAT BIASA

PANCASILA KU

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Langkah Ekonomi Rata Indonesia

8 September 2019   15:27 Diperbarui: 8 September 2019   15:25 11 0 1 Mohon Tunggu...

Perekonomian merupaka salah satu pendorong suatu negara menjadi suatu negara yang maju,dengan perekonomian yang merata maka tidak akan ada kesetimpangan anatar penduduk Indonesia. Dengan pembangunan infrastuktur merupakan salah satu cara untuk menciptakan suatu perekonomian yang merata. Contoh kawasan kawasan yang terisolasi daerah daerah pedealaman akan terbantu dengan adanya infrastruktur seperti jalan maka akomodasi bahan bahan pokok akan lebih mudah di dapat dan kesetimpagan tidak akan terjadi. Tujuan pemindahan ibukota merupakan salah satu cara membuka atau menyatukan kawasan kawasan yang terisolasi.

Dampak perekonomian pindahnya ibu kota negara Indonesia mengundang banyak opini opini baru baik dari masyarakat sipil biasa,para politik,dan juga para pakar ekonomi. Ada yang mengatakan dengan pindahnya ibu kota negara Indonesia ke pulau Kalimanan akan memajukan perkonomian negara dan adapun yang mengatakan dengan pemindahan ibu kota negara hanya berdampak pada pulau Kalimantan saja dan pada negara hanya beberapa persen saja. Atau pun tanggapan dari masyarakat lokal sendiri berpendapat dengan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan infrastruktur akan dibangun dan jalan jalan akan di aspal. Proyek pemindahan ibu kota negara Indonesia juga di bantu oleh pihak luar negeri seperti negara Rusia yang akan membantu pemindahan ibu kota negara dengan membangun proyek Infrastruktur. Kerjasama ini tidak bisa di tolak karena dengan kerjasa antar negara akan memudahkan dalam pembangunan suatu ibu kota negara baik dalam segi keuangan maupun teknologinya. Selain itu dengan kerjasama maka hubungan antar negara akan menjadi baik dan itu juga berdampak pada perekonomian su atu negara.

Ekonomi di Indonesia masi dalam tahap berkembang dan itu perlu di kembang kan teru menerus salah satunya yaitu dengan membangu infrastruktur yang maju agar para investor masuk dan akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak sehingga bisa memperkerjakan para sumber daya manusia yang ada di indonesia. Jika sumber daya manusia yang ada di Indonesia di manfaatkan dengan baik maka akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perekonoian yang ada di Indonesia. Banyak sekali hal hal yang harus dibangun untuk kemajuan ekonomi Indonesia, dan pemerinta sedang melakukan rencana perekonomian yang merata dengan pemindahan ibu kota negara. Sehingga pemanfaatan lahan tidak di pulau jawa saja.

Memang dalam pembangunan ibu kota negara memerluka biaya yang cukup besar dan anggara itu tidak hanya dari negara saja tetapi perlu pinjaman dari luar juga dan itu menjadi permasalahan yang membuat sebagian masyarakat Indonesia tidak mau untuk memindahkan Ibu kota negra Indonesia,karena sudah banyak sekali hutang yang di tanggung oleh negara. Tetapi tu dibantah oleh pihak pemerinta kita memang berhutang teapi uanya itu jika di pergunakan dengan baik maka akan bermanfaat dan juga meningkatkan perekonomian negara,tetapi jika uang itu tidak dimanfaat kan dengan baik atau di korupsi maka itu akan berdampak sangat jelek bagi negara. Jadi hutang boleh boleh saja asal uang itu di pergunakan dengan baik.

Kenapa pemindahan ibu kota negara Indonesia ke pulau Kalimantan karena dengan pertimbangan yang berkelanjutan pusat perekonomian global tidak akan melewati selat jawa lagi tetapi di bagian atas yaitu Kalimantan,Singapura,Cina, dan juga Pilipina maka jita pusat perekonomian tetap di pulau jawa maka Indonesia akan tertinggal. Maka pertimbangan ini sangat lah masuk akal jika pusat perekonomian tetapdi letakkan di pulau jawa maka Indonesia akan tertinggal. Perekonomian gelobal ang terus berubah menjadikan pemerintah Indonesia berfikir untuk mencari cara bagai mana Indonesia tetap bisa bersaing dalam segi ekonomi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x