Mohon tunggu...
Abubakar Ahmad
Abubakar Ahmad Mohon Tunggu... Business Analyst in Falinwa Indonesia

Merupakan Orang Yang Kritis Terhadap Sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Enterprise Resource Planning (ERP) dalam Era Bisnis

22 Maret 2021   12:00 Diperbarui: 22 Maret 2021   12:01 110 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Enterprise Resource Planning (ERP) dalam Era Bisnis
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Teknologi memungkinkan penggunanya untuk memperoleh kemudahan. Pemanfaatan penggunaan teknologi secara efektif dan efisien membantu banyak aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam kegiatan sehari-hari. Perkembangan teknologi dapat dirasakan di semua bidang termasuk dalam bidang usaha dan binis. Dewasa ini, istilah ERP dan ERP software bukanlah istilah baru di dalam dunia bisnis. Penggunaan ERP sangat lumrah digunakan oleh banyak bisnis karena mampu menyederhanakan segala aktivitas proses bisnis yang bersifat kompleks 

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sistem perusahaan yang meliputi semua fungsi yang terdapat di dalam perusahaan yang didorong oleh beberapa modul software yang terintegrasi untuk mendukung proses bisnis internal.

Bagaimana Peran ERP dalam Dunia Bisnis?

Apa yang akan terjadi apabila sebuah perusahaan jika setiap departemen atau divisinya bekerja sendiri-sendiri tanpa system yang saling terintegrasi?

SUMBER: http://www.erp4salesforce.com/
SUMBER: http://www.erp4salesforce.com/

Bisnis proses merupakan sekelompok aktivitas yang memerlukan satu jenis atau lebih input yang akan menghasilkam sebuah output dimana output ini merupakan sebuah value untuk pelanggan. Di khalayak, ERP bereperan dalam mengintegrasikan semua tahapan dalam proses bisnis. Proses bisnis tersebut dapat meliputi aspek operasi, aspek produksi, aspek penjualan, dan juga aspek distribusi. Selain itu, penggunan ERP juga bisa digunakan sebagai system yang mengelola seluruh aktivitas perusahaan seperti keuangan, HRD, marketing dan bidang lainnya.

Sebagai sebuah system, ERP Indonesia didasarkan pada modul-modul yang berguna untuk mengelola proses manufaktur seperti logistik, distribusi, penyediaan, invoice, serta akuntansi perusahaan. Dengan kata lain, sistem ini berperan dalam pengontrolan aktivitas bisnis, baik itu proses penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, sumber daya manusia dan finansial perusahaan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sebuah Bisnis Memustuskan Menggunakan ERP? 

Tantangan dan kebutuhan yang berbeda tiap bisnis, menjadikan parameter untuk menentukan kapan waktu yang pas untuk mulai menggunakan software ERP:

  1. Anda tidak dapat mengakses data dengan cepat dan mudah sehingga anda memerlukan waktu untuk menganalisis pengambilan keputusan bisnis.
  2. Informasi mengenai inentaris stock barang anda lambat
  3. Anda memiliki banyak aplikasi yang berbeda yang tidak saling terhubung satu dengan yang lain
  4. Anda bekerja sama dengan berbagai vendor ataupun supplier dari berbagai wilayah
  5. Staff anda menghabiskan terlalu banyak waktu pada satu tugas
  6. Anda membutuhkan waktu untuk mencari informasi bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan bagaimana cara mengimplementasikan cara tersebut ke dalam bisnis anda

Ini merupakan keuntungan dengan menggunakan software ERP dalam perusahaan anda :

  • Meningkatkan produktivitas
  • Efisien manajemen
  • Informasi yang terintegrasi
  • Analisis, peramalan, dan pelaporan yang lebih baik
  • Peningkatan keamanan
  • Akses dan control system fleksibel
  • Pengambilan keputusan yang akurat

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x