Mohon tunggu...
Abiyyu N
Abiyyu N Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mahasiswa Undip Edian?!

8 Agustus 2020   22:29 Diperbarui: 8 Agustus 2020   22:20 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Edian?!
owner bakso Mayon 

Bekasi (02/08/2020) kelakuan dari mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis Universitas Diponegoro yang kerap disapa Abiyyu ini benar-benar EDIAN! tanpa pikir panjang rupanya mahasiswa ini memberikan ilmu yang didapati selama menduduki bangku kuliahnya kepada usaha kecil mikro menengah disekitarnya. jadi edian itu apa? 

wah wah ternyata edian yang dimaksud disini adalah (ED)ukasi dar(I) kediam(AN)! haha ada ada saja ya. dalam rangka mewujudkan Sustainable Development Goals yang dibantu oleh bimbingan mahasiswa KKN Abiyyu, diharapkan pelaku UMKM dapat menyelamatkan ekonomi bangsa untuk kedepannya. 

Bentuk edukasi yang dilakukan yaitu wawancara dengan pemilik UMKM lalu melakukan analisis dari hasil wawancara yang kemudian akan memberikan edukasi melalui daring kepada pemilik bisnis tersebut. interaksi tatap muka dilakukan seminimal mungkin.

program kerja EDIAN menerapkan pembelajaran salah satu mata kuliah pada fakultas ekonomi yaitu mengenai studi kelayakan bisnis. program EDIAN ini melakukan wawancara dengan owner atau pemilik dari usaha. lalu dilakukan analisis mengenai usaha tersebut dan kemudian diberikan masukan mengenai gambaran bisnis untuk kedepannya. 

Usaha yang dilirik oleh Abiyyu disini adalah UMKM bernama Bakso Mayon yang berlokasi di Bekasi. setelah berinteraksi dengan pemilik bakso mayon, nona Farsha. Abiyyu melihat bahwa bisnis tersebut memiliki peluang yang sangat bagus untuk menembus pasar dalam jangka panjang. Bakso mayon juga memiliki ciri khasnya sendiri yang dapat membedakannya dengan usaha bakso yang lain.

tampilan pada ojek online
tampilan pada ojek online

Dengan menerapkan ilmu yang didapat pada bangku perkuliahan, program kerja EDIAN ini bertujuan membantu di segala aspek seperti aspek Pasar&Pemasaran, Keuangan dan Aspek Manajemen pada bidang usaha tersebut. dengan adanya proker ini, diharapkan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya semakin professional sehingga dapat melakukan ekspansi pada bisnisnya dan juga memberikan kontribusi pada negara seperti halnya Sustainable Development Goals yaitu economic growth.

VIDEO PILIHAN