Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis untuk Perubahan - Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar - Selalu Semangat dan Berkarya melalui ide dan gagasan yang dituangkan dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kemudahan Teknologi Aplikasi Android Qur'an

4 Mei 2018   21:34 Diperbarui: 4 Mei 2018   22:20 993 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemudahan Teknologi Aplikasi Android Qur'an
dokumentasi pribadi

Sobat Kompasiana yang berbahagia..

Apa yang anda simpulkan dari foto diatas ? Sedang membaca SMS kah ? Sedang Facebook an kah ? Atau Instagram ? Atau lainnya ? Dari foto 3 perempuan diatas sepintas terlihat sedang bermain smartphone, namun tahukah apa yang mereka baca ? Ternyata, mereka sedang membaca Al Qur'an, yah betul mereka sedang saling menyimak tadarus Al Qur'an. Mereka adalah karyawan yang ada di Balai Pengobatan PKU Muhammadiyah Banjarharjo. Setiap usai menjalankan shalat Dhuhur dan Maghrib, mereka diharuskan untuk tadarus Al Qur'an.

Aturan itu sudah berlaku hampir 1 tahun, setiap orang membaca satu ayat dan juga artinya, lalu yang lainnya menyimak. Hal ini merupakan ketentuan yang diatur oleh leader atau pemilik PKU Muhammadiyah Ibnu Shina Banjarharjo yakni H. Muhammad Thoha, SKM, MM. Selain memenuhi kebutuhan duniawi, juga perlu untuk menyeimbangkan dengan ibadah yang harus tertata serta rutin dilakukan di lingkungan kerja. Tentu, ini merupakan inspirasi buat semua instansi untuk mencoba menirunya.

Kemudahan untuk beribadah sudah bisa didapatkan melalui aplikasi playstore, salah satunya al qur'an

play.google.com
play.google.com
Ini merupakan salah satu aplikasi al qur'an yang bisa sobat kompasiana unduh untuk kemudahan membaca al qur'an dimana saja berada. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Al Qur'an yakni bulan Ramadhan. Bisa menjadi solusi kemudahan beribadah meski dalam situasi sibuk atau keramaian. 

Caranya unduh aplikasi Al Qur'an di Playstore

Pertama, smartphone anda kompatibel dengan aplikasi yang tersedia, lalu buka Playstore dan klik di pencarian "qur'an".

play.google.com
play.google.com

Maka akan banyak pilihan model mushaf dan fasilitas yang didapatkan oleh pengguna smartphone. Ada yang lengkap isi al qur'an 30 juz dan terjemahannya dengan bahasa indonesia atau berbagai bahasa. ada juga yang khusus mushaf lengkap tanpa terjemah. Ini merupakan kemajuan, sisi lain kebaikan dari perkembangan teknologi.

play.google.com
play.google.com
Seperti diatas, satu aplikasi lengkap bacaan al qur'an dan ada jadwal sholat yang bisa mengingatkan seperti alarm. Sebagai seorang muslim, usahakan melengkapi aplikasi androidnya dengan al qur'an, bukan hanya dengan smule, camera 365, emo tv dan lain sebagainya. Namun lupa dengan aplikasi  kitab suci Al Qur'an sebagai seorang Muslim.

Afdhol mana antara Mushaf asli dengan aplikasi mushaf ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN