Mohon tunggu...
Abine NAILU
Abine NAILU Mohon Tunggu... Guru - MIS Muna Temukerep Larangan

Jadilah orang dimanapun anda berada

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Supervisi Kepala Sekolah

22 Oktober 2022   01:06 Diperbarui: 22 Oktober 2022   01:15 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Supervisi merupakan media penjaminan mutu pembelajaran di sekolah/mardrasah. tugas yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka mengkomfirmasi RPP dengan kegiatan di kelas, media kepala untuk mengetahui secara langsung kemampuan dan keterampilan guru mengajar, serta untuk mendiagnosa kesulitan dan yang di alami oleh masing2 guru.

Ketika itu baru sekitar 2 tahunan ngajar, ada pemberkasan Tunjangan Finansial atau TF besaran 250.000 sebulan, utuk dapat tanda tangan SKBK/SKMT dari pengawas madrasah sebagai salah satu syarat TF administrasi harus lengkap dari Prota, promes, silabus, jurnal mengajar, RPP dll. 

Saya buat administrasi hanya sekitar 2 pertemuan mengajar, pengawas marah-marah, kenapa ini administrasi ndak lengkap selama 1tahun, saya hanya cengengas-cengenges pengawas tambah marah kamu itu mau dapat TF tidak?

saya jawab mau bu, la kok administrasi selama 2 tahun ini ndak kamu kerjakan, terus saya bilang bu saya ini guru non PNS yang gajinya hanya 200.000 untuk transport ngajar sebulan aja kurang.

Bagaimana saya mau buat administrasi, makanya untuk nambah penghasilan saya daftar TF nk disuruh buat hanya pura-pura jg karena mau dapat TF untungnya apa buat saya, nak tak hitung2 biaya ngeprint administrasi sama dapatnya TF banyakan ngeprint administrasinya.

Terus bagaiamana saya bisa mencukupi kebutuhan, akhirnya pengawasnya sadar ternyata yang dia lakukan malah membebani guru yang mau dapat TF, jadi sampai sekarang administrasi dari pengawas yang untuk guru Non PNS dan Non sertifikasi ndak pernah ditanyakan. Cuman supervise dari Kepala berkaitan dengan kesulitan-kesulitan dan perkembangan dalam mengajar di kelas. (By.YAI)

Sehari sebelum tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Yang diselenggarakan atau diasilitasi Kanwil Kemenag Jateng, dimana tesnya yang rencana akan dilaksanakan di Gor Wujil Semarang dan hari berangkat sehari sebelumnya karena harus bermalan di dekat tempat test, sememntara kami belum pahjam tempatnya.

Di hari yang sama kepala Madrasah mau mengadakan Supervisi terhadap guru-guru dan kami sangat kebingungan karena disatu sisi harus mempersiapkan test P3K yang akan diselenggarakan di semarang dan ahrus menginap disisi lain harus mempersiapkan  supervisi akademik oleh kepala sekolah. 

Akhirnya persiapan saya sangat minimalis dan sanagt tidak lengkap karena harus berbagi persiapan. Prota dan promes tidak sempat saya print. Daftar hadir juga kurang lengkap, tapi Alhamdulillah kami terbantu guru lain yang biasa kerja sama dengan saya.demikina pengalaman yang bisa saya bagikan.Kurang dan lebihnya mohon maaf yang banyak.Terima kasih. (By. In)

Dalam suatu Pendidikan Formal, ada program pengecekkan pembelajaran yang dilakukan oleh Pimpinan Satuan Pendidikan kepada Dewan Guru, dan Pimpinan Kepala Sekolah (Pengawas) kepada para Kepala Sekolah. Supaya dalam program Pendidikan, dapat terarahkan sesuai dengan Kurikulum yang berlaku. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun