Mohon tunggu...
Abigail ZepanyaPutri
Abigail ZepanyaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa Universitas Palangkaraya, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (Manajemen)

suka musik kalo suka kamu temboknya tinggi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengendalian Inflasi dan Mekanisme Perdagangan Pasar Uang

1 Desember 2022   11:35 Diperbarui: 1 Desember 2022   11:55 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mari kita mengenal lebih dalam apasih pengendalian inflasi itu. Infasi sendiri adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dan dalam jangka waktu tertentu, untuk kebalikan dari infasi ini sendiri di sebut Deflasi. Untuk perhitungan dalam infasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Hubungan infasi ini dengan kebijakan moneter sendiri iyalah dimana kebijakan moneter dapat menurunkan inflasi dengan cara menurunkan jumblah uang beredar dan menaikan suku Bungan SBI.

Nah untuk mengatasi inflasi menggunakan kebijakan moneter dimana kebijakan tersebut bersifat mengurangi jumlah uang beredar, berikut beberapa diantaranya :

  • Kebijakan penetapan persedian kas
  • Kebijakan diskon
  • Kebijakan operasi pasar terbuka
  • Kebijakan kredit selektif
  • Senaring, dan lainnya

Sekarang kita masuk mekanisme perdaganga pasar uang, pasar uang sendiri adalah pasar yang menyediakan instrumen atau transaksi berkaitan dana dengan keuangan yang biasa diambil dalam jangka pendek.

Sekarang kita masuk dalam mekanismenya. Dalam pasar sendiri ada berbagai pasar yang menawarkan instrument dan berbeda dan tidak ada Lembaga tunggal yang melakukan pengawasan transaksi di pasar uang, tapi kegiatan di dalamnya tetap di lindungi oleh undang-undang. Intinya, transaksi dilakukan oleh para broker dan dealer yang saling berhubungan, transaksi di lakukan secara elektronik dan melalui telepon. Hal ini biasanya tidak hanya dilakukan oleh dealer kecil tapi melibatkan Lembaga-lembaga besar pula yg mengincar pengembangan dana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun