Mohon tunggu...
Inin Nastain
Inin Nastain Mohon Tunggu... lainnya -

Nikotin, Kafein, http://atsarku.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Pemunculan Hashtag #CakNun dan #OrangMaiyah di 4 November

4 November 2016   14:05 Diperbarui: 22 Desember 2016   10:40 4654 11 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screeshoot Twitter| Dokumentasi pribadi

Setelah cukup lama nggak berkecimpung nyemplung di sosmed bernama Twitter, Jumat 4 November 2016 ini saya coba-coba untuk menengok ke sosmed yang entah kapan saya menanam ‘investasi’ di sana. Jujur, hiruk-pikuk gemuruh ‘Aksi 4 November' menjadi salah satu yang mendorong saya ada ingin untuk menjenguk ‘aku’ yang lain di sana itu.

Dan memang tidak terlalu meleset dari terkaan sebelumnya. Momen Aksi 4 November itu cukup ramai dikicaukan di sana. Ya meskipun nggak berisi Aksi 4 November plek, tapi masih ada keterkaitannya dengan itu. Hashtag #AksiDamai411 dan #LoeDemoGwKerja adalah sebagian kecil kicauan yang jadi trending topic. Setidaknya itu yang terlihat sampai setelah solat Jumat, pukul setengah duaan.

Tapi ternyata, ada juga kicauan yang tidak kalah ramai dengan dua topik itu. Ya, di tengah-tengah ramainya kicauan tentang demo di Jakarta, muncul di trending topic kicauan tentang Maiyah, #OrangMaiyah dan #CakNun. Loh kok?

Di tengah hiruk-pikuk pembicaran di sosmed dalam beberapa hari terakhir tentang demonstrasi di Jakarta, ternyata pada hari H-nya muncul tema tentang ‘Maiyah.’ Satu tema anomali. Karena ya, begitulah.. Nggak ribut secuil-cuil acan pada hari-hari sebelumnya (setidaknya, tidak seheboh dengan isu aksi Jakarta).

Melihat di bagian kiri #OrangMaiyah dan #CakNun masuk jadi trending topic, membuat saya coba ngeklik hashtag itu. Apa dan bagaimana sih, kok bisa #CakNun #OrangMaiyah nongol di barisan atas trending topic pada hari ini?

Dari beberapa kicauan akun-akun yang menggunakan hashtag #CakNun #OrangMaiyah, di sana cukup terlihat kicauan-kicauan Gusti Nu Agung.. Bikin ademm.. Kicauan tentang ngaji diri, kicauan mawas diri, kicauan bertabur kasih, sayang dan cinta yang didengungkan lewat #OrangMaiyah.

  1. Orang maiyah: terang dalam kegelapan, kaya dalam kemiskinan #CakNun #OrangMaiyah,
  2. #OrangMaiyah menjabarkan prinsip2 persahabatan, persaudaraan, dan ikrar perjuangan berdasar cinta kasih, rasa ikhlas dan kejujuran

Di atas adalah sebagian kecil kicauan yang menggunakan hashtag #CakNun dan #OrangMaiyah. Rumus-rumus yang mereka tawarkan lewat kicauan hashtag #CakNun #OrangMaiyah pun, terasa berbeda. Meskipun saya tidak tahu pasti, tapi ada rasa yang tenang ketika membacanya.

Tidak hanya dalam bentuk kicauan. Beberapa tema yang menggunakan #CakNun #OrangMaiyah pun menyelipkan foto yang berisi kata-kata, kalimat, quote dari Cak Nun dan Emha Ainun Nadjib. Video dari YouTube hasil dari kegiatan rutinan Maiyah pun ikut mewarnai di kicauan dengan hashtag #CakNun #OrangMaiyah itu.

Apapun itu tujuan dari temen-temen pemilik akun Twitter yang berperan dalam masuknya #CakNun #OrangMaiyah ke jajaran trending topic Hari Jumat ini, saya haturkan terima kasih.... Sebab, ada sesuatu yang masuk pada kepala saya (sekecil apapun itu) dengan rasa yang berbeda.

Untuk guru kami, #CakNun Mbah Nun.... Haturnuhun Mbah, atas mutiara-mutiara yang terus Anjeun sematkan. Sehat selalu Mbah, biar bisa selalu bersama kami yang masih sering dihinggapi kelinglungan diri....

Nuhun Mbah....
Nuhun #OrangMaiyah 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan