Mohon tunggu...
Abel Pramudya
Abel Pramudya Mohon Tunggu... Mahasiswa Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara

Travelling,photography,bus enthusiast IG : @abelpramudya @abelpram

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Ketika Pengusaha Bus Jadi Youtuber

1 September 2020   14:46 Diperbarui: 1 September 2020   15:00 796 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Pengusaha Bus Jadi Youtuber
Tangkap layar video YouTube PO Haryanto Official (kiri atas), PerpalZ TV (kanan atas), dan Sumber Alam ID (bawah).

Pernah terbayang bagaimana jadinya ketika pengusaha bus 'alih profesi' menjadi Youtuber? Anda tidak perlu lagi membayangkan, silakan langsung cek channel YouTube mereka.

Video yang diunggah bukan sekadar trip report atau review bus di jalan. Para pengusaha bus ini berdedikasi membuat konten YouTube untuk mengedukasi dan menghibur masyarakat dan para penggemar bus. Ini dia beberapa pengusaha bus yang sekaligus menjadi Youtuber.

  1. Sumber Alam ID

Kanal YouTube milik salah satu perusahaan otobus (PO) asal Kutoarjo ini ditangani langsung oleh sang pengusaha, Anthony Steven Hambali yang akrab dipanggil Tony. "Halo Youtuber!" menjadi sapaan khas pria yang merupakan putra dari pendiri PO Sumber Alam ini.

Sajian video Sumber Alam ID bisa dibilang unik, berbeda dari yang lain, dan out of the box. Tony sering bereksperimen dengan bus-busnya. Mulai dari tes rem bus, memecahkan kaca bus, sampai membakar bus! Sumber Alam ID juga menampilkan video perawatan dan perbaikan busnya sembari mengenalkan komponen-komponen pada mesin atau sasis bus. 

Menanggapi kasus bus oleng yang terjadi pada Agustus ini, Toni langsung membuat video untuk menguji coba perbandingan mobil dan bus yang oleng, bagaimana rasanya menjadi penumpang di dalamnya, bagaimana handling kendaraannya, dan seberapa bahayanya. Toni sendiri pula yang ada di balik kemudi untuk konten ini. Tentunya uji coba tersebut dilakukan di area tersendiri sehingga tidak membahayakan orang lain. 

Masih kurang tertarik? Tenang. Kanal Sumber Alam ID memberikan giveaway dengan pengundian kepada penontonnya setiap ada video baru yang diunggah. Hadiahnya pun beragam.

Sumber Alam ID bergabung dengan YouTube sejak 4 Juni 2018. Hingga 27 Agustus 2020 Sumber Alam ID telah di-subscribe oleh 147 ribu subscribers dengan total views mencapai 17,8 juta. Sementara itu, perkiraan penghasilan dari kanal ini adalah Rp 7,9 juta setiap video. Sumber Alam ID pun telah mendapatkan YouTube Silver Play Button.

  1. PO Haryanto Official

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN