Mohon tunggu...
Abede Thalib
Abede Thalib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang yang suka jalan-jalan sambil menikmati kuliner khas daerah wisata di Indonesia. Membaca dan Fotografi menjadi rutinitas.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Pesona Pantai Watu Lawang di Gunung Kidul

26 Februari 2023   04:11 Diperbarui: 26 Februari 2023   08:14 991
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Iqbal Rizqi / Shutterstock.com

Provinsi Jogjakarta selalu hadir dengan berbagai wisata pantai yang memukau. Sepanjang garis pantai kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta akan ditemukan berbagai pantai yang hadir dengan segala keunikan dan keeksotisan. Tidak heran jika wisatawan baik lokal maupun mancanegara menjadikan Pantai Watu Lawang sebagai salah satu destinasi favorit mereka.

Hamparan pasir putih bersih berpadu dengan batu-batuan karang yang tersebar sedemikian rupa adalah keeksotisan pantai yang begitu mempesona. Pantai ini terbilang luas dan nyaman, yang akan berbeda dengan pantai lain yang berukuran lebih sempit. Panorama alam yang tersaji semakin membuat pengunjung betah dan merasa nyaman berada disini.

Begitu banyak daya tarik yang dimiliki oleh pantai unik ini, salah satunya adalah panorama alam yang begitu indah dan mempesona siapa saja yang memandangnya. Pantai ini telah menciptakan keunikan tersendiri yang tentunya akan berbeda dengan pantai di sekitarnya. Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai adalah salah satu daya tarik yang dimiliki.

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Lawang

1. Pesona pantai yang indah

Keeksotisan dan keindahan pantai satu ini memang sudah dikenal oleh para pemburu destinasi pantai. Pantai-pantai yang berada di Jogjakarta ini hadir dengan membawa keunikan tersendiri. Pasirnya berwarna putih dan begitu halus begitu menjadikan pantai ini begitu unik dan mempesona.

Terdapat area bukit yang mengelilingi pantai sehingga semakin memukau dengan banyaknya karang dan bebatuan yang terhampar sedemikian rupa. Batu karang tersebut akan menyerupai sebuah pintu, dan dari sinilah sebutan Watu Lawang diberikan kepada pantai unik ini.

2. Goa Watulawang

Sebuah bukit karang yang terdapat di pantai akan membagi dua area pantai tersebut. Dimana sisi timur akan dibatasi oleh Pantai Trenggole dan di sebelah barat akan ditemukan pantai yang sempit dan bersebelahan langsung dengan goa Watulawang.

Keunikan lain yang dimilikinya adalah keberadaan goa Watulawang yang digunakan apabila ada upacara adat "Sadranan" atau "Nyadran". Upacara adat ini dilakukan oleh masyarakat setempat pada bulan Syakban dalam kalender Hijriah. Pada saat acara adat nyadran inilah maka Pintu batu di goa tersebut baru dibuka dan dimasuki orang.

Ukuran pantai cukup luas dan terdapat spot foto berupa jembatan bambu kecil yang akan menghubungkan area pantai dengan pulau karang kecil di tengah laut merupakan kelebihan dari sisi pantai di sebelah timur, sehingga lokasi ini menjadi incaran bagi pengunjung yang menyukai hobi fotografi.

Uniknya nama pantai ini menjadikan pengunjung akan selalu mengingat pesona pantai cantik yang terdapat di wilayah Gunung Kidul ini.

3. Benteng batu yang unik

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini yakni adanya benteng batu yang sangat unik. Benteng batu yang alami ini memiliki bentuk melingkar sehingga menciptakan kesan yang unik dan memukau. Benteng batu ini bisa dijadikan spot foto menarik bagi pengunjung.

4. Area pantai yang landai dan luas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun