Mohon tunggu...
Abdurrahman Azzam
Abdurrahman Azzam Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

IT Enthushiats

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 Kelompok 80 Ikut Serta dalam Kegiatan Posyandu

12 Agustus 2022   04:44 Diperbarui: 21 Agustus 2022   12:28 75 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelaksanaan Kegiatan di posyandu. /dokpri

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi

Posyandu bertujuan untuk menunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat utamanya bayi, anak balita, ibu hamil, ibu menyusui dan lain-lain.

Posyandu memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat guna untuk memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan penurunan AKI dan AKB. Selain itu manfaat lain dari posyandu adalah memperoleh bantuan secara professional dalam pemecahan masalah kesehatan terutama terkait kesehatan ibu dan anak. Keberadaan posyandu sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa KKN kelompok 80 Ikut Serta dalam kegiatan Posyandu.

Mahasiswa KKN kelompok 80 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), ikut serta membantu kegiatan Posyandu di desa Cilame, kecamatan Ngamprah, kabupaten Bandung Barat, pada Kamis, 21 Juli 2022.

Keikutsertaan KKN kelompok 80 ini sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Posyandu disesuaikan dengan jadwal posyandu yang ada di desa, dan mahasiswa KKN UPI ikut serta dalam pelaksanaanya.

Program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN kelompok 80 di Posyandu ialah meliputi; membantu dalam pelaksanaan posyandu seperti menimbang, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar lengan dan kepala, mendata berat badan serta hal lain yang diperlukan.

Dalam pelaksanaan terdapat beberapa kendala kecil, seperti bayi atau balita yang menangis, sehingga dibutuhkan kerja ekstra dengan memberikan susu kotak kecil.

Namun pelaksanaan terbilang berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan