Mohon tunggu...
Abdul Salam Atjo
Abdul Salam Atjo Mohon Tunggu... Petani - Penyuluh Perikanan

Berkarya untuk petani

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Kepala CDK Ajatappareng Serahkan Apartemen Ikan di Mattiro Sompe

13 Agustus 2022   20:11 Diperbarui: 13 Agustus 2022   21:24 70 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejumlah nelayan  yang  tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Al Amin di kelurahan Langnga kecamatan Mattiro Sompe kabupaten Pinrang menyambut gembira apartemen ikan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel.

Apartemen ikan yang ditenggelamkan terdiri dari partisi berongga dan berbentuk kotak yang disusun bertingkat dan mempunyai ruang layaknya gedung apartemen. Makanya disebut apartemen ikan atau rumah ikan. Konstruksinya tersusun dari benda padat (plastik) yang ditumpuk untuk tempat telur, perlindungan asuhan, dan pembesaran anak ikan.

Penyerahan 3 ribu partisi apartemen ikan dilakukan oleh kepala  Cabang Dinas Kelautan (CDK) Ajatappareng, Sukmawati Gaffar, S.ST.Pi., M.Si kepada nelayan di Langnga, Sabtu (13/8).  Stake holder yang terlibat pada kegiatan tersebut  antara lain pemerintah kelurahan Langnga, penyuluh perikanan kecamatan Mattiro Sompe dan masyarakat nelayan setempat

"Semoga dengan adanya apartemen ikan di daerah langnga dapat memulihkan kondisi ekosistem laut sehingga meningkatkan sumberdaya ikan dan memudahkan nelayan dalam operasi penangkapannya," ungkap Sukmawati. Ia mengharapkan agar apartemen ikan ini dapat dijaga bersama guna kesejahteraan pata nelayan lokal. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan keinginan Gubernur Sulsel, bapak Andi Sudirman  untuk sukseskan semua program prioritas pembangunan Sulawesi selatan.

dok pribadi
dok pribadi

Dalam kegiatan ini Cabang Dinas Kelautan (CDK) Ajatappareng melibatkan berbagai stake holder seperti Kelurahan Langnga, Dinas Perikanan Kab. Pinrang, Penyuluh Perikanan Kab. Pinrang dan masyarakat setempat untuk bersama-sama menyusun dan menurunkan apartemen ikan tersebut.

Ketua KUB Al Amin kelurahan Langnga, Herman menyatakan terimakasih kepada pemerintah provinsi Sulawesi selatan atas bantuan apartemen ikan ini. "Semoga dengan adanya apartemen ikan ini dapat memulihkan kembali sumberdaya ikan  yang selma ini sudah mulai berkurang,"harapnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan