Mohon tunggu...
Abdul Marindul
Abdul Marindul Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Penulis yang belajar untuk menulis dan menulis untuk belajar.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

RR Sebar Hoax, Kasad Andika Perkasa Klarifikasi

7 Mei 2019   11:21 Diperbarui: 7 Mei 2019   11:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
RR Sebar Hoax, Kasad Andika Perkasa Klarifikasi
dokumentasi tempo.co

Kepala staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa mengatakan bahwa Rizal Ramli menyebarkan hoax. Ini tidak sembarangan loh. Ini adalah upaya delegitimasi TNI. Maka harus diklarifikasi segera! Tidak bisa ditunda.

Dia mengatakan bahwa mantan menteri maritim RR itu sedang menyebarkan informasi bohong. Rizal Ramli sempat mengatakan bahwa TNI AD memiliki data hasil pemilu. Kasad langsung membantah hal ini.

Andika mengatakan bahwa TNI AD sama sekali tidak memiliki data hasil pemilu. Sederhana argumennya. Karena TNI sama sekali tidak memiliki kewenangan dalam hasil pemilu.

TNI AD hanya memiliki kewajiban untuk memastikan pemilu itu berjalan dengan lancar. Lantas apa yang menjadi motivasi Rizal Ramli menyebarkan hoax? Apakah ingin membangkitkan isu-isu militerisme seperti yang terjadi di era Orde Baru? Atau bagaimana?

Jadi saya memastikan informasi yang diberikan oleh salah satu tokoh bangsa RR adalah berita bohong. Karena itu berita bohong sebaiknya tidak usah dipakai. Karena memang tidak benar dan malah akan mungkin menimbulkan masalah di kemudian hari.

Begitulah ucap Kasad Andika Perkasa dalam konferensi pers di Markas TNI AD, Jakarta Pusat.

Saya mulai penasaran apa yang menjadi motif atau dasar alasan Rizal Ramli ini menyebarkan berita bohong. Saya tidak percaya bahwa Rizal Ramli adalah orang yang tidak paham mengenai kejujuran. Orang ini tahu bahwa apa yang ia katakan, akan dipertanggungjawabkan oleh dirinya sendiri.

Bermain-main dengan mencatut nama institusi negara itu sangatlah fatal akibatnya. Rizal Ramli seharusnya paham bahwa mencatut nama TNI AD dalam membuat berita kebohongan, adalah besar resikonya. Apakah ini tidak dipertimbangkan sama sekali oleh RR?

Apa yang dituliskan oleh RR ini sudah kelewat batas. Kenapa? Karena sebaran hoax ini sudah masif dan diretweet ribuan kali. Apa yang dicuitkan RR, mantan menteri kemaritiman era Jokowi ini?

Barusan belanja buah di supermarket. Didatangi ibu-ibu dan bapak yang saya tidak kenal. Ibu-ibu katakan, 'Pak Ramli harus bicara lebih keras, ini sudah ndak benar! Kemudian datang seorang Letkol AD, 'Pak ini sudah kebangetan, laporan-laporan Babinsa PS sudah menang. Bahkan di kompleks Paspampres!

Tulis RR di Twitternya hari Minggu, 5 Mei 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN