Mohon tunggu...
Abdulhakim Fikri
Abdulhakim Fikri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Bismillah , ig:abdulhakimfikri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mudah Sukses Dengan Cara Budidaya Hidroponik Melon

26 Januari 2024   00:10 Diperbarui: 26 Januari 2024   00:16 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://agropedianusantara.com/

Mudah Sukses Dengan Cara Budidaya Hidroponik Melon

Budidaya melon yang tak biasa dilakukan oleh para petani konvensional yang biasa nya melakukan atau menanam nya dilahan tanah yang terbuka luas , adanya perkembangan teknologi dan keinginan tahu untuk menggurangi system budidaya melon di lahan terbuka, ini lah Solusi terbaik dari para petani modern saat ini. Menggunakan cara budidaya yang belum terbiasa dilakukan oleh petani konvensional saat ini yaitu menggukan system hidropoknik  .

Buah melon Hamigua berhasil dibudidayakan dengan menghasilkan panen yang ukuran buahnya di atas rata-rata, yaitu mencapai 5,8 kilogram. Berat buah melon ini belum ada yang menandingi dan dicatat oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID).

budidaya tanaman dengan memanfaatkan teknologi terkini dinilai lebih efektif jika dibandingkan budidaya konvensional. Petani pun tidak perlu khawatir akan terjadi gagal panen karena cuaca dan hal lainnya.

Hal inilah yang membuat kedua petani muda tersebut terus belajar melakukan inovasi penanaman sehingga dapat menghasilkan buah melon yang cukup banyak, berkualitas, dan lebih unggul di pasaran.

Hanya perlu menunggu 61 hari sejak penanamannya, tanaman melon Hamigua sudah bisa dipanen. Satu hektare lahan tanaman mampu menghasilkan panen sebanyak 24 ton. Harga jualnya juga bervariasi, mulai Rp35.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

Pengertian Hidroponik 

Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidropnik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi (unsur hara) setiap tanaman dapat tumbuh dengan baik walaupun tidak menggunakan media tanah

Apa Itu Melon Hidroponik 

Melon hidroponik merupakan metode bercocok tanam melon tanpa menggunakan tanah sebagai media tumbuh. Di system Hidroponik,nutrisi yang diperlukan tanaman disampaikan langsung ke akar melalui larutan nutrisi yang terdapat pada dalam air  

Manfaat Hidroponik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun