Mohon tunggu...
abdul afit
abdul afit Mohon Tunggu... Freelancer - Tutor geografi

Bumi dan bola, sama-sama bundar!

Selanjutnya

Tutup

Bola

Piala AFF 2022: Negara ASEAN Sibuk Uji Coba Kecuali Indonesia

9 Desember 2022   07:02 Diperbarui: 14 Desember 2022   21:57 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vietnam berhasil mengalahkan klub Jerman Borussia Dortmund 2-1  dalam pertandingan tur ASEAN (foto: ASEAN football) 

Piala AFF Mitsubishi Electric 2022 akan diselenggarakan pekan terakhir bulan dan tahun ini. Negara-negara di Asia Tenggara sebagai peserta Piala AFF 2022 terpantau sudah melakukan pemusatan latihan dan mengadakan pertandingan uji coba. Baik melawan klub ataupun negara lain. 

Sejumlah negara di ASEAN sudah dan akan melakukan pertandingan uji coba, baik melawan klub ataupun tim nasional sebelum piala AFF 2022.

 Misalnya Vietnam, sudah beruji coba melawan klub Jerman, Borussia Dortmund. Vietnam menang dengan skor 2-1. 

Singapura menjalani pemusatan latihan di Jepang dan melawan klub-klub lokal Jepang. Di pertandingan pertama, Singapura kalah 3-5 dari YSCC Yokohama (J-League 3). 

Myanmar menjalani pemusatan latihan di Thailand. Myanmar akan melawan klub lokal dan juga timnas Thailand. Dipertandingan pertama Myanmar mengalahkan klub lokal Thailand, Samut Prakan FC dengan skor 2-0.

 Namun tidak seperti  negara-negara ASEAN yang sudah memiliki rencana uji coba dengan klub atau negara lain, Indonesia justru dirundung permasalahan. Timnas Indonesia tampak kesulitan mencari lawan tanding, baik dengan klub lokal liga 1 ataupun dengan negara lain. 

Uji coba melawan negara lain sepertinya tidak menjadi pilihan utama bagi PSSI karena keuangan yang seret akibat pemberhentian liga 1 imbas dari tragedi Kanjuruhan. 

Sedangkan beruji coba dengan klub liga 1 kemungkinan sangat sulit terwujud karena klub-klub dihadapkan pada jadwal kompetisi yang sangat padat. Klub akan menyelesaikan setengah putaran musim ini dengan jeda antar pertandingan hanya berselang 3-4 hari. Waktu yang tidak cukup ideal untuk kompetisi liga. Klub liga 1 akan bertanding sebanyak 6-7 pertandingan dari 5 Desember hingga 24 Desember. 

Berikut ini rangkuman kegiatan uji coba negara-negara ASEAN jelang piala AFF 2022: 

30/11 Vietnam 2 vs 1  Borussia Dortmund

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun