Mohon tunggu...
Abdul Rosyid
Abdul Rosyid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Happy

Seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Potensi Guru dan Peserta Didik TK ABA 16 Kota Malang oleh Mahasiswa PMM UMM

27 Januari 2022   08:10 Diperbarui: 27 Januari 2022   08:17 287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TK ABA 16 yang berada di Kota Malang merupakan salah satu yayasan pendidikan bagi anak usia dini yang bertujuan membentuk generasi muda menjadi anak yang cerdas dan berakhlak mulia. Pada Tanggal 13 desember 2021 sampai dengan 13 januari 2022 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarkat Oleh Mahasiswa (PMM) yang dilaksanakan secara bertahap dari hari ke hari. 

Dimana setelah kita melaksanakan PMM di TK ABA 16 kami dapat mengidentifikasi potensi potensi yang ada di TK ABA 16 yang nantinya jika ditingkatkan dapat menjadikan TK ABA 16 berkembang lebih pesat lagi dan menjadi yayasan pendidikan peserta didik usia dini dengan kualitas yang sangat baik.

Pertama kali yang diamati oleh mahasiswa PMM UMM adalah basic dan latar belakang pendidikan dari guru yang mengajar di TK ABA 16 Kota Malang. 

Dimana kita mengetahui bahwa rata-rata pengajar yang mengajar anak usia dini memiliki basic pendidikan minimal Sarjana Strata Satu dengan bidang spesifik yang diambil adalah pendidikan anak usia dini. 

Tidak hanya itu semua guru juga ditunjang dengan berbagai pelatihan penunjang keprofesian dalam mengajar anak usia dini. Sehingga tidak perlu diragukan lagi berkaitan tentang kompetensi guru pengajar yang ada di TK ABA 16 Kota Malang. Tentu ini akan menjadi bekal yang sangat baik dalam rangka meningkatkan kualitas TK ABA 16 kedepannya. 

Bersama mahasiswa PMM UMM di bulan desember tahun 2021 para guru beserta mahasiswa melakukan kerja sama dalam upaya peningkatan daya potensial anak usia dini pada TK ABA 16. 

Dimana pada kesempatan tersebut para guru dan mahasiswa berkolaborasi untuk melakukan pendidikan pada anak usia dini sehingga dapat berdampak pada peserta didik yang berimplikasi pada peningkatan kompetensi yang ada pada diri peserta didik. 

Dengan potensi guru yang memiliki kemampuan dalam memadukan pembelajaran yang inovatif di TK ABA 16 pasti dalam jangka waktu kedepan aka nada peningkatan yang signifikan pada perkembangan TK ABA 16. Karena dengan kualitas yang baik pasti juga akan meningkatkan taraf pendidikan di TK ABA 16 secara eksponensial.

Kemudian para guru yang ada di TK ABA 16 juga memiliki inisiatif yang sangat luar biasa dalam rangka meningkatkan taraf pendidikan di TK ABA 16. Seperti halnya dalam rangka untuk memberikan fasilitas bermain dan belajar di TK ABA 16 para guru di TK ABA 16 berinisiatif untuk meminta pengajuan bantuan peralatan belajar dan bermain pada kementrian pendidikan. 

Ternyata hasil dari jerih payah para guru disana berhasil sehingga mereka mendapatkan banyak sekali fasilias penunjang kegiatan bermain serta belajar mengajar di TK ABA 16. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun