Mohon tunggu...
Abbaz Sukarno
Abbaz Sukarno Mohon Tunggu... Blogger plus Pegiat Kurma

blogger, book lover, kurma lover

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Wow, Lagi-lagi Kurma Berbuah Lebat di Tangerang

2 April 2019   08:49 Diperbarui: 2 April 2019   08:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Wow, Lagi-lagi Kurma Berbuah Lebat di Tangerang
Pohon Kurma Muda Bunga Pertama 8 Mayang di Tangerang (dokpri)

Buah kurma makin mudah didapati di Indonesia. Semakin banyaknya pegiat kurma baik dalam skala hobi atau perkebunan. Hoax kurma tak akan berbuah di Indonesia semakin pudar. Inilah salah satu bukti sebuah pohon kurma berbuah lebat di Indonesia tepatnya di Tangerang tak jauh dari Bandara Soekarno-Hatta.

Berada tepat di depan Masjid Darut Thoyibah, pohon kurma ini tingginya sekitar 3meter. Adapun batang/bonggol tingginya sekitar 1,5 meter. Belum diketahui pasti berapa umur dan jenis kurmanya. Apalagi dulu bibitnya tidak dibeli dari nursery jual bibit kurma. Salah seorang DKM masjid menanam bibit kurma yang masih kecil, dan siapa sangka satunya adalah betina dan ini termasuk pohon unggulan.

Pohon ini bisa dikatakan unggulan karena bunga pertama yang keluar tergolong banyak, setidaknya ada 8 mayang perdananya. Empat sudah pecah dan tidak dipolinasi. Satu masih terbungkus mayang yg terbuka sebagian. Dua mayang belum pecah dan satu mayang baru keluar. Tidak menutup kemungkinan masih akan keluar lagi mayang baru.
Pohon ini berlokasi di sekitar 6 derajat LS 106,7 derajat BT. Elevasi atau ketinggian tanah sekitar 115 meter diatas permukaan laut. Dari pantai hanya sekitar 4,5km. Lokasi di sekitar pohon tertutup semen, hanya menyisakan tanah sekitar 20cm dari batang pohon.  

Dengan perawatan seadanya, DKM masjid bersyukur sekali ternyata pohon kurma tersebut bisa berbuah. Diperkirakan masa panen nanti di bulan November/Desember 2019. Nantikan berita-berita kurma berbuah di Indonesia lainnya.