Mohon tunggu...
Arianto Batara
Arianto Batara Mohon Tunggu... Mencintai dunia pendidikan

Pemerhati pendidikan, pebelajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bermain Jenga untuk Meningkatkan Kompetensi Numerasi

1 Maret 2021   16:45 Diperbarui: 1 Maret 2021   16:49 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bermain Jenga untuk Meningkatkan Kompetensi Numerasi
Dok. Pribadi

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada masa pandemi tetap memberikan perhatian untuk meningkatkan mutu pendidikan,  Program Sekolah Penggerak (PSP) salah satunya. PSP yang diluncurkan Kemendikbud pada 1 Februari 2021 kembali memberikan agin segar bagi pendidikan di Indonesia.  

PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru)  (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/).

Keberhasilan PSP sangat tergantung pada implementasinya, termasuk pencapaian kompetensi numerasi. Kompetensi numerasi secara sederhana dapat didefiniskan sebagai kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka.  Pencapaian Kompetensi numerasi yang optimal dihasilkan dari proses pembelajaran yang baik. Bagi anak awal sekolah (kelas rendah) perlu dibangun kecintaannya pada numerasi terlebih dulu. 

Anak awal sekolah memiliki perkembangan sosial yang sudah mahir membina hubungan antara anggota keluarga dan teman. Pada masa ini anak sudah dapat membagi miliknya dengan senang hati; berjiwa sosial. Perkembangan kognisi pada anak awal sekolah adalah sudah memahami konsep angka dan sudah mampu berhitung.

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak-usia-6-9-tahun/#gref

Perkembangan sosial dan kognisi yamg demikian, perlu difasilitasi guru maupun orang tua. Hal yang dapat dilakukan adalah bermain sambil belajar.

Alat permainan yang dapat digunakan dalam peningkatan kompetensi anak awal sekolah salah satunya adalah Jenga. Permainan ini mendukung perkembangan sosial anak karena dilakukan dapat dimainkan bersama-sama. Selain itu, Jenga dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi numerasi anak dengan beberapa modifikasi. Jenga yang digunakan dalam meningkatkan kompetensi numerasi siswa adalah Jenga yang memiliki nomor/angka.

Beberapa modifikasi yang dapat dilakukan dijelaskan di bawah ini.

Entah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada masa pandemi tetap memberikan perhatian untuk meningkatkan mutu pendidikan,  Program Sekolah Penggerak (PSP) salah satunya. PSP yang diluncurkan Kemendikbud pada 1 Februari 2021 kembali memberikan agin segar bagi pendidikan di Indonesia.  

PSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru)  (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/).

Keberhasilan PSP sangat tergantung pada implementasinya, termasuk pencapaian kompetensi numerasi. Kompetensi numerasi secara sederhana dapat didefiniskan sebagai kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN