Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Observe and be Observed

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jangan Tangisi Avdiivka, Kota Ukraina Terluka dan Hancur Direbut Rusia

17 Februari 2024   22:56 Diperbarui: 18 Februari 2024   02:13 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Avdiivka: The strategic city at the centre of Russia-Ukraine fighting. (Source: .forces.net)

Target merebut kota Avdivka telah dipersiapkan sejak lama oleh Rusia, bahkan jauh sebelum perang Rusia -- Ukraina dimulai yaitu sejak meletus perang Donbas pada 2014 yang dilakukan milisi-milisi pro Rusia.

Terkait dengan perang Rusia -- Ukraina 2022, serangan Rusia pertama sekali ke Avdiivka terjadi pada 21 Februari 2022. Ditandai dengan serangan misil ke arah pabrik Kokas (Coke) di pinggiran kota Avdiivka.

Seperti sulitnya merebut kota Mariupol dan Bakhmut, menaklukkan Avdiivka bukanlah hal mudah bahkan lebih susah dari merebut dua kota disebutkan di atas.

Mariupol dapat dikepung dan ditaklukkan dalam 2 bulan (24 Februari -- 20 Mei 2022), sementara kota Bakhmut dikepung dan ditaklukkan dalam 10 bulan ( mulai 1 Agustus 2022 dan ditaklukkan Rusia pada 20 Mai 2023),  tapi tidak untuk Avdiivka.

Meski kota kecil dan berpenghuni 34 ribu orang sebelum perang 2022  perlu waktu 2 tahun menaklukkan kota Avdiivka, bahkan dengan pengorbanan sangat besar, melebihi pengorbanan di Bakhmut dan Mariupol.

Mengapa itu bisa terjadi? Karena kota Avdiivka telah dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi pertempuran terburuk sekalipun.

Para ahli strategi perang dan insiyur dari sejumlah negara NATO telah mencurahkan perhatian mereka untuk membangun kota Avdiivka dengan sangat kompleks untuk persiapan menghadapi Rusia.

Pemukiman bertingkat penduduk telah dirancang sedemikian rupa, mirip perisai tembok tinggi, melindungi kota tersebut dari arah barat daya Avddivka yang terbuka lebar. Kawasan pemukiman ini dijaga ketat blok per blok oleh tentara Ukraina dan milisi -- milisi ultranasionalis  Azov dan neo Nazi.

Pertahanan hutan juga dirancang sedemikian rupa guna mempersulit pergerakan pasukan Rusia dari arah timur tepatnya dari kota Yasynuvata yang berbatasan langsung dengan kota Avdiivka.

Namun yang paling rumit adalah sistem pertahanan bawah tanah yang dilengkapi parit dan bangunan atau gudang yang komplit, posisi menembak yang menguntungkan dan bunker super beton yang menghubungkan blok demi blok serta pendayagunaan stasiun kereta api dan jalur-jalur kereta sebagai pelindung serangan udara..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun