Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Observe and be Observed

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Simpan Uang di Bank Masih Lebih Menarik Ketimbang Dihabisi "Gerombolan"

16 September 2022   16:08 Diperbarui: 17 September 2022   18:36 139 12 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar ilustrasi uang rusak. Sumber: India Today edisi 17 Februari 2021

Tren bunga tabungan di bawah 1%  sudah terjadi sejak awal 2020. Ketika itu kelompok bank presero (BUMN), Bank Umum dan Bank Swasta Nasional menerapkan bunga tabungan antara 0,72% hingga 0,82% alias tidak sampai 1% untuk tabungan reguler.

Sesungguhnya sejak saat itu jutaan orang yang menyimpan uang di Bank sudah menyadari bahwa menabung uang di Bank (tabungan, rekening giro, deposito dan lain-lain) sudah tidak menarik lagi JIKA tujuannya untuk mendapatkan tambahan nilai berupa keuntungan bunga atau bagi hasil.

Penurunan suku bunga tabungan bahkan terus terjun bebas ke dasar jurang 0%. Kini, beberapa Bank BUMN menerapkan bunga 0% untuk saldo tabungan di bawah 50 juta.

Apapun teori ekonomi dan tujuan positif di balik penurunan suku bunga tabungan faktanya masyarakat tetap menabung dan terus menabung atau mempercayakan simpanannya pada Bank.

Masyarakat tampaknya tidak perduli lagi berapapun tingkat suku mereka dapatkan atas simpanan mereka titip di Bank. Bagi masyarakat yang terpenting saat ini bukan soal suku bunga tapi Rasa Aman!!.

Rasa aman menyimpan di Bank masih lebih kuat ketimbang apapun jargon, termasuk iming-iming dapat hadiah dari mobil sampai motor atau apapun.

Rasa aman sangat luas wujudnya, beberapa diantaranya adalah :

  • Merasa aman dari incaran maling atau rampok atau siapapun
  • Aman dari hilang atau tercecer
  • Aman dari rasa was-was apapun termasuk hewan pengerat misalnya tikus dan rayap dan lainnya.

Meskipun kini tingkat suku bunga simpanan Bank telah  jatuh ke jurang paling dasar (0%) namun masih ada yang harapan yang tersisa yang dapat diharapkan masyarakat yaitu RASA AMAN.

Mau dapat hadiah atau tidak bukan hal penting.

Mau antrian atau tidak itu soal perjuangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan