Dunia saat ini sedang menghadapi pandemi global yang di sebabkan oleh penyebaran virus corona atau biasa disebut dengan Covid-19.
Covid-19 merupakan virus yang muncul pada tahun 2019 hingga sekarang ini. Karena virus ini, kita harus tertib menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular virus tersebut. Covid-19 menyebabkan banyak sekali dampak yang ditimbulkan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan atau kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh/daring, sehingga berbagai media pun dimanfaatkan secara optimal agar dapat membantu pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Pembelajaran jarak jauh(PJJ) atau Daring adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa/mahasiswa dan guru/dosen tanpa tatap muka tetapi dilaksanakan melalui teknologi komunikasi. Salah satunya adalah Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang juga melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan jarak jauh (PJJ) melalui media Lensa Unisa sebagai media pembelajaran.
Hal ini berdasarkan Surat Edaran Rektor No. 286/UNISA/AU/III/2020, Tentang Kewaspadaan Penyebaran COVID-19 yang ditandatangani Rektor Unisa, Ibu Warsiti, S.Kep, M.Kep, Sp. Mat.
"Untuk meminimalkan pembelajaran tatap muka, kebijakan akademik lainnya yang tertuang dalam edaran tersebut antara lain mengoptimalkan penggunaan media daring dalam pembimbingan tugas akhir dan tugas lainnya." kata Ibu Warsiti, Rektor Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Senin (16/3/2020).
Lensa Unisa merupakan salah satu media yang digunakan oleh Universitas Aisyiyah Yogyakarta untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi mahasiswa maupun dosen. Yang dimana bermanfaat bagi dosen untuk memberikan materi dan tugas kepada mahasiswa tanpa menunggu waktu tatap muka, juga bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
Lalu apakah penggunaan media Lensa Unisa efisien bagi mahasiswa dan dosen?
Penggunaan media Lensa Unisa bagi mahasiswa dan dosen sudah Efisien. Karena Lensa Unisa memudahkan mahasiswa maupun dosen dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan jarak jauh (PJJ). Akan tetapi mahasiswa terkadang sulit untuk mengaksesnya karena terkendala oleh beberapa faktor seperti, kouta habis, jaringan yang buruk atau karena Lensa Unisa banyak yang mengakses jadi error, dan hal ini yang membuat kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh menjadi terhambat juga menjadikan kegiatan pembelajaran jarak jauh tidak optimal.
Namun dengan media Lensa Unisa ini menjadikan mahasiswa disiplin dalam mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh dosen dan konsisten dalam mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).