Mohon tunggu...
Aris Adri Prasetia
Aris Adri Prasetia Mohon Tunggu...

Pelajar SMA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Studium Generale Intelijen

29 Januari 2018   17:41 Diperbarui: 29 Januari 2018   17:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Studium Generale Intelijen
Studium Generale Intelijen

Studium generale atau kuliah umum merupakan suatu tradisi di perguruan tinggi. Banyak ilmu yang dapat di serap dalam event-event seperti itu. Pada hari rabu nanti akan dilaksanakan stadium generale intelijen oleh jend. Pol (purn.)Drs Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. dengan tema "intelijen Indonesia, institusi, intuisi, inovasi" yang bertepatan di ITB. Mungkin acara ini akan ramai oleh mahasiswa fakultas STEI (sekolah tehnik elektro dan informatika) yang pada dasarnya memiliki ketertarikan terhadap teknologi. Senang rasanya ada event seperti itu di kampus tercinta.

Sebagai orang awam yang tidak tau seluk beluk intelijen, mungkin di kuliah umum tersebut akan banyak membahas mengenai cyberwar yang berhubungan teknologi. Karena memang beberapa waktu lalu telah di bentuk BSSN badan siber dan sandi negara. Dilihat dari namanya saja sudah jelas berhubungan dengan teknologi.

Beberapa hari lalu kepala BSSN Djoko Setiadi mengatakan anggaran untuk mengamankan informasi dunia maya di butuhkan dana paling tidak 2 trilliun. Tentu angka yang sangat kecil jika di bandingkan dengan negara-negara di kawasan eropa.

Mengamankan informasi negara itu penting. Itu lah tugas dari intelijen negara. Berhasil tidak dipuji dan gagal di caci maki. Bila tidak ada lagi rahasia yang dimiliki Republik Indonesia, maka apalah artinya peranan semua institusi keamanan Indonesia. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, dapat di manfaatkan sebaik mungkin.