Mohon tunggu...
Em Amir Nihat
Em Amir Nihat Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis Kecil-kecilan

Kunjungi saya di www.nihatera.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Maksud dari Sholat Qobliyah Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya?

22 Juni 2022   10:30 Diperbarui: 22 Juni 2022   10:59 894 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia seisinya ( H.R Muslim )

Kita pasti sudah sering mendengar hadits itu yaitu keutamaan sholat fajar ( sholat qobliyah subuh ) bahwa sholat qobliyah subuh itu lebih baik dari dunia dan seisinya.

Jika kita cermati lagi bahwa itu menunjukan betapa sholat sangat spesial dan istimewa. Padahal itu yang kategoti sholat sunnah apalagi yang sholat wajib pasti keutamaannya lebih dari itu tetapi bukan berarti meremehkan sholat sunnah sebab ada hadits "Diriwayatkan dari Sayyidah 'Aisyah radliyallahu 'anha, beliau berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam belum pernah dalam melakukan shalat sunnah lebih diperhatikan dari dua rakaat fajar" (HR. Bukhari). Artinya sholat sunnah qobliyah subuh termasuk yang sangat spesial dan sangat dianjurkan.

Istilah "lebih baik dari dunia dan seisinya" menunjukan betapa kelak di akherat kenangan yang terbaik kita di dunia adalah saat sholat. Menyikapi hadits ini juga bukan dengan kalkulasi keduniawian harta uang jabatan tetapi bahwa nanti di akherat justru sholat kitalah yang akan paling kita kenang. 

Sedangkan kenangan yang lain misalnya dunia dan isinya entah itu istri, anak, orangtua, harta, jabatan, dsb malah nanti akan menjadi hal yang dimintai pertanggungjawaban. Maka bersyukurlah andai kita ditakdirkan bisa sholat, entah itu sholat wajib ataupun sholat sunnah karena itu semua anugerah yang sangat besar yang hanya dimiliki oleh orang-orang beriman dan bertaqwa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan