Mohon tunggu...
Em Amir Nihat
Em Amir Nihat Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis Kecil-kecilan

Kunjungi saya di www.nihatera.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

HalalbiHalal sebagai Momen Berbenah Diri

13 Mei 2021   12:45 Diperbarui: 13 Mei 2021   13:04 369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Momen halalbihalal di desa saya umumnya dilakukan dengan sungkem ke orangtua, kerabat, tetangga dan saudara. Pindah dari rumah ke rumah untuk bersilaturahim dan memohon maaf juga memaafkan.

Saya masih ingat bunyi sungkem yang biasa saya ucapkan " Kulo Ngaturaken sedoyo lepat  lahir batin nyuwun pangapunten" artinya saya sampaikan semua kesalahan saya lahir dan batin memohon dimaafkan.

Tak lupa banyak pacitan ( hidangan ) yang disediakan oleh tuan rumah kepada tamunya maka momen lebaran adalah momen terbesar menghargai tamu. Orang Desa tak perlu diajarkan bagaimana menghargai tamu karena mereka secara budaya sudah tahu caranya menghargai dan menghormati tamu. Jadi jangan heran saat lebaran itu momen bersih -- bersih rumah, persiapan hidangan buat tamu bahkan ada yang sampai membikin sendiri seperti bikin jenang, bikin satu, bikin sagon dll.

Bunyi sungkem  memang sudah menjadi budaya sehingga saat mau halalbihalal harus dengan prosesi itu, bila perlu berjabat tangan biar makin plong dan afdhol maaf memaafkannya. Namun yang paling penting menurut saya adalah Kesadaran meminta maaf. Artinya saat kita akan berhalalbihalal ada fikiran, mindset dan pola fikir bahwa kita banyak salah banyak dosa dengan orang lain sehingga kita ingin meminta maaf. Ada harapan setelah maaf memaafkan untuk tidak lagi berbuat dosa berbuat salah kepada orang lain.

Purwakarta, 1 Syawal 1442 H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun