Mohon tunggu...
Aafajar
Aafajar Mohon Tunggu... Guru PAUD

Pembelajar Yang Tidak Pernah Pintar (email : aafajaroke@gmail. com)

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Masjid Nurul Hikmah Kelapa Dua Wetan Kembali Menebar Berkah di Bulan Ramadan

26 Mei 2019   20:38 Diperbarui: 26 Mei 2019   20:44 0 0 0 Mohon Tunggu...
Masjid Nurul Hikmah Kelapa Dua Wetan Kembali Menebar Berkah di Bulan Ramadan
Dokumentasi Pribadi : Suasana Menjelang Berbuka Puasa di Masjid Nurul Hikmah Ciracas Jakarta Timur

Bulan ramadan adalah bulan barakah, setiap muslim merasakan keberkahan bulan yang di dalamnya orang-orang beriman berlomba melakukan kebaikan.

Karenanya sangat mudah bagi kita menemui aktifitas kebaikan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi atau lembaga.

Beberapa kebaikan yang mudah kita temui, yaitu berbagi rizki kepada sesama yang membutuhkan, memberikan ta'jil atau makanan berbuka puasa, atau mengadakan buka puasa bersama anak yatim dan fakir miskin.

Seperti yang dilakukan pengurus Masjid Nurul Hikmah bersama jama'ah dan warga yang berada di lingkungan RW 11 Kelurahan Kelapa dua wetan, Ciracas Jakarta Timur.

Pada hari Ahad 26 Mei 2019, bertepatan dengan 21 Ramadan 1440 H, pengurus bersama jama'ah Masjid mengadakan buka puasa bersama fakir miskin dan anak yatim yang berada di lingkungan sekitar Masjid. Setelah itu pengurus memberikan santunan berupa beras dan uang kepada mereka.

Bapak Drs.Suherman,M.Pd selaku Ketua Pengurus Masjid (DKM) Nurul Hikmah pada sambutannya menyampaikan bahwa ada 105 fakir miskin dan 35 yatim piatu yang akan mendapatkan santunan.

Dana santunan yang berasal dari jama'ah Masjid  terkumpul sebesar Rp.46.775.000,. "Semua akan kita bagikan, tidak tersisa sepeserpun" . Ucap Ketua DKM yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris itu.

Acara yang rutin dilakukan setiap bulan Ramadan itu dihadiri oleh Ketua Rukun Warga (RW) 11 Kelurahan Kelapa dua wetan, yaitu Bapak Priyanto,S.Sos, bersama pengurus RT di lingkungan RW 11.

Bapak ketua RW pada sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pengurus masjid yang telah mengadakan kegiatan keagamaan untuk warga RW 11, salahsatunya kegiatan pesantren ramadan untuk remaja dan anak-anak yang telah terlaksana pada minggu lalu.

Sesudah sambutan dari ketua RW, acara dilanjutkan dengan tauusiah yang disampaikan oleh Ustadz Ir. Muhammad Rahmatullah,M.BA.

Ustadz yang merupakan ketua dewan syuro Masjid Nurul Hikmah itu menyampaikan tentang orang- orang yang mendustakan hari kiamat, yaitu yang terdapat dalam surat alma'un.

Pada tausiyahnya, terkandung pesan agar jama'ah yang hadir dapat menyayangi dan menyantuni anak yatim. Hindari menghardik mereka, jangan seperti orang yang mendustakan hari kemudian sebagaimana yang dijelaskan dalam surat alma'un.

Hendaknya jama'ah menjauhkan sifat kikir, jangan mengikuti Abu Sufyam yang kikir dan menghardik yatim hingga turunlah ayat surat akmaun yang menyebut ia sebagai orang yang mendustakan hari akhir.

Tausiyah tersebut berakhir oleh kumandang azan magrib. Kemudian para jama'ah berbuka puasa, yang kemudian dilanjutkan sholat magrib berjamaah dan diakhiri dengan pembagian santunan.

Penerima Santunan Sedang Mengantri
Penerima Santunan Sedang Mengantri
Demikianlah tebar berkah Ramadan yang dilakukan pengurus Masjid Nurul Hikmah beserta jama'ah dan warga RW 11 Kelurahan Kelapa dua wetan Ciracas Jakarta Timur.