Mohon tunggu...
Aura
Aura Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja lepas

Menulis supaya tidak bingung. IG/Threads: aurayleigh

Selanjutnya

Tutup

Gadget Artikel Utama

Serial Karantina Mandiri #3: Daftar Aplikasi Ponsel Cerdas Favorit

27 April 2020   15:48 Diperbarui: 27 April 2020   18:20 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Rob Hampson on Unsplash (unsplash.com/@robman)

[Artikel sebelumnya: Serial Karantina Mandiri #2]

Ketika karantina mandiri 14 hari—pasca kepulangan saya dari Maumere—selesai, kantor-kantor mulai memberlakukan Work From Home (WFH) secara ketat. 

Daerah tempat saya tinggal bahkan masuk ke dalam salah satu dari tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun bagi saya, hampir tidak ada yang istimewa dari pemberlakuan WFH di tengah pandemi Covid-19.

Sejak setahun  belakangan, saya sudah bekerja dari rumah, mengandalkan jaringan internet pasca bayar dengan sistem shift yang tertib. Maka, tak ada getir, tak ada susah. Semua pekerjaan saya berlangsung seperti biasa.

Kemudian, melalui sosial media, saya merasakan adanya penularan. Saya tiba-tiba bisa turut merasakan kegelisahan orang yang masih harus mondar-mandir di luar; merasakan kebutuhan akan higienitias tinggi meski saya sudah memenuhinya; merasakan meningkatnya rasa butuh terhadap media sosial.

Berikut saya sertakan 5 daftar aplikasi non-medsos di ponsel yang jadi favorit saya selama menghabiskan hari-hari di rumah. Mengapa non-medsos? 

Alasan pertama, medsos sudah jadi ladang garapan hampir semua orang. Kedua, kebahagiaan tak selalu datang  dari interaksi dengan orang lain dan atensi dari orang lain. Ada kalanya kita perlu rehat dari semua itu. Menghibur dan mengenal diri lebih dalam.

  • The Pattern

Hasil screenshot The Pattern | Dok. pribadi
Hasil screenshot The Pattern | Dok. pribadi
Kutipan itu saya dapati di ponsel ketika baru saja bangun tidur. Sebuah pesan yang mengena bagi saya, yang berbeda dengan hari kemarin. Situs apkpure.com menyebut The Pattern sebagai “mysterius astrology helper app”.

Untuk mengakses kutipan seperti yang saya peroleh di atas tiap harinya, kita harus mendaftarkan nama lengkap, jenis kelamin, tanggal dan jam lahir. Seperti bacaan astrologi lain, The Pattern memberi informasi tentang karakter, temperamen, kepribadian, dan perilaku berdasarkan hal-hal tersebut.

Aplikasi ini banyak diberitakan media internasional setelah Channing Tatum mereaksi aplikasi ini di akun Twitternya yang memiliki hampir 8,5 juta pengikut.

"I was just in therapy yesterday — and yeah, I'm in therapy, whatever, everybody should be in therapy — and I just get a notification on my phone this morning - whoops — pops up, and, using the exact words we were using in therapy... Is the phone listening? Are you listening through the phone?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun