Mohon tunggu...
Annafi K
Annafi K Mohon Tunggu... Freelancer sekaligus narablog

Freelancer dengan low vision

Selanjutnya

Tutup

Digital

Indonesia.go.id Halaman Depan Indonesia

13 Desember 2018   12:00 Diperbarui: 13 Desember 2018   12:11 236 0 0 Mohon Tunggu...

Maraknya fake news yang beredar di internet kini makin mereshkan masyarakat. Kesalahan informasi, sensasi yang memicu pembacanya untuk mengeluarkan opini di sosmed. Hal ini menyebabkan debt online yang memicu retaknya persaudaraan dan persahabatan.

Sebenarnya kita sudah bisa mencari tahu apa suatu berita hoax atau tidak dengan mencari sumber yang terpercaya seperti sosmed dan portal yang dikelola pemerintah, salah satunya Indonesia.go.id

Pada Senin, 10 Desember lalu di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta diadakan #RelaunchIndonsiaGOID. Acara ini meresmikan peluncuran Indonesia.go.id dan GPR TV. Siang itu ada lima narasumber yang mengisi acara ini, mereka adalah Menteri kominfo Rudiantara, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Priyantono Rudito, Guru Besar Manajemen UI Prof DR Rhenald Kasali dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP.

Dipandu Pak Johan Budi SP acara berlangsung dan dibuka oleh Pak Rudiantara mengenai Indonesia.go.id yang ia sebut sebagai halaman depan Indonesia.

"Ini adalah beranda Indonesia. Isinya mengenai semua tentang Indonesia. Di sini konten tentang Indonesia yang terpercaya. Hal ini untuk menjadi gambaran utuh Indonesia sebagai upaya Nation Branding."

Dengan tampilan baru dan informasi yang ter-update, Indonesia.go.id diluncurkan kembali untuk masyarakat domestik dan mancanegara. Ya, di portal ini kita bisa menikmati informasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

"Indonesia.go.id adalah platform yang kontennya dikerjakan secara bersama. Direpresentasikan oleh Kementerian Sekretaris Negara, dikerjakan Staf Presiden dan dari segi sistem dipantau Kemonkominfo. Kalau mau tahu informasi yang haq dan sebenar-benarnya browsing saja di sini, sudah dipastikan halal thoyiban-nya" ujar Pak Rudiantara sambil tertawa.

Dalam portal Indonesia.go.id kita bisa menemukan beragam rubik mengenai Indonesia mulai dari profil seperti peta Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden, Kementrian/lembaga, parlemen, suku bangsa dan masih ada lainnya. Kemudian ada rubik layanan yakni informasi akan membuat paspor secara online, cara ekspor barang, pngajuan kredit usaha rakyat dan rubik ragam yang menyajikan informasi pariwisata, seni, komoditas, keankaragaman hayati dan budaya di Indonesia.

Semua orang mulai dari pelajar, mahasiswa, jurnalis dan warga mancanegara bisa mendapatkan informasi yang aktal dari portal ini. Yuk jadi netizen yang pintar dengan mencari sumber berita yang fakta!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x