Mohon tunggu...
Annafi K
Annafi K Mohon Tunggu... Freelancer sekaligus narablog

Freelancer dengan low vision

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Soyjoy Crispy, Cemilan Sehat yang Mengenyangkan!

21 Agustus 2018   20:02 Diperbarui: 21 Agustus 2018   21:04 488 0 0 Mohon Tunggu...

Ngemil, siapa yang tidak suka ngemil? Saat mengerjakan tugas, menunggu antrian, mencegah ngantuk.. Banyak deh alasannya untuk makan kecil-kecilan. Tidak salah kok, saya juga suka ngemil. Yang salah adalah jenis makanan dan porsinya!

Cemilan yang mengandung banyak gula atau garam bisa menjauhkan kita untuk mendapatkan rasa kenyang, yang ada malah ketagihan. Belum lagi membuat kita susah mendapatkan berat badan ideal.. Bagi kaum perempuan, 'Makan banyak dan tetap langsing' sepertinya tidak mungkin terlaksana ya.

Jam ngemil juga harus diperhatikan. Waktu yang pas adalah jam 10 pagi dan jam 4 sore. Kalau laparnya tengah malam makan apa? Yang aman saja- buah! Manis iya, kenyang iya, gemuk? Nggak!

"Maksudnya ngemilnya ganti buah?"

Hmm, bagaimana menggantikan posisi pemanis buatan atau manisnya coklat? Sebenarnya untuk mengubah gaya hidup dan budaya ngemil tidak disarankan melakukan perubahan kebiasaan secara ekstrim. Kemungkinan balas dendam makan cemilan tidak sehat malah besar lho..

Jadi solusinya apa? Perbanyak Minum Air Putih

shutterstock.com
shutterstock.com
Cara yang ampuh untuk bisa mengembalikan kepekaan indera perasa kita adalah menetralkannya. Yang biasa minum soda, minuman kekinian, minuman kemasan mungkin terbiasa dengan rasa manis yang over butuh beberapa waktu untuk membiasakan minum air putih banyak-banyak.

Saya mencoba menghindari minuman kemasan (botol-kotak) selama 2 minggu. Minum es teh pun yang biasanya menggunakan 2 sdm gula jadi 1 sdm gula, saat saya mencoba minum minuman kesukaan saya rasanya lidah saya terkejut. "Manis amat!"

Dengan ini kita sadar kalau yang biasa dikonsumsi tidak baik bagi tubuh. Apalagi kalau kandungan gula dan garam pada makanan dan minuman ringannya tinggi. Kalau ngemilnya tidak terkontrol dan tidak diseimbangi dengan minum air putih yang cukup kita akan sulit menghindar dari ancaman naiknya kadar gula darah dan kolesterol..

Snack Sehat sudah gampang ditemukan di mini market sampai supermarket. Tapi jangan terkecoh karena banyak cemilan dan minuman yang menggunakan label "Less sugar" Tapi garam yang digunakan jumlahnya ekstrim-sama saja bohong dong. Perlu diingat, sifat garam adalah mengikat lemak. Jadi kalau kebanyakan konsumsi yang asin dan gurih perlu waspada, mungkin karena kebanyakan garam kamu jadi sulit menurunkan berat badan.

Jadi biar aman ngemil apa ya? Coba ngemil makanan kecil yang mengandung tinggi serat dan protein seperti SOYJOY!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x