Mohon tunggu...
761_Ariyati
761_Ariyati Mohon Tunggu... Guru - Ariyati HSS

Life is education ...education is life

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

4 November 2022   01:46 Diperbarui: 4 November 2022   02:02 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF MELALUI KEYAKINAN KELAS DAN PENERAPAN SEGITIGA RESTITUSI DI SEKOLAH

Oleh : Ariyati, S. Pd - SD Negeri Tumbukan Banyu 

CGP Angkatan 6 HSS

LATAR BELAKANG

Dalam menuntun peserta didik untuk menjadi pribadi yang memiliki karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, maka membangun dan menumbuhkan budaya positf sangatlah penting. Dan dalam penerapannya diperlukan keyakinan kelas berupa kesepakatan kelas, karena kesepakatan kelas merupakan hasil komunikasi langsung antara guru dengan murid untuk membuat kesepakatan bersama berupa aturan dan tata tertib di sekolah / di kelas, dan masing-masinh  mempunya tanggung jawab untuk mematuhi dan melaksanakannya, sehingga budaya positif bisa diterapkan.

SD Negeri Tumbukan banyu merupakan sekolah yang berada di tengah padatnya perumahan penduduk dengan budaya masyarakat yang masih kurang memahami akan pentingnya kebersihan lingkungan, sehingga anak-anak pun ikut terbiasa dengan hal tersebut. Sehingga rendahnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama berkaitan dengan masalah sampah menjadi latar belakang intrinsik dalam permasalahan ini. Untuk itu diperlukan budaya-budaya positif melalui pembiasaan-pembiasaan positif untuk memperbaiki karakter dan kebiasaan dalam diri siswa dengan membuat kesepakatan kelas untuk dijadikan keyakinan kelas /sekolah. Penerapan keyakinan kelas yang mereka sepakati sebagai wujud perubahan ke hal yang baik dan belajar menghargai diri sendiri dengan motivasi intrinsik yang mereka miliki.

TUJUAN

Adapun tujuan yang dicapai pada aksi nyata ini adalah :

  • Mewujudkan  disiplin positif  peserta didik untuk menjadi  budaya positif.
  • Membentuk karakter positif pada peserta didik melalui kebiasaan positf  "tidak membuang sembarangan" sesuai dengan keyakinan kelas yang sudah disepakati
  • Menumbuhkan motivasi intrinsic siswa terhadap penanaman nilai-nilai kebajikan.

TOLAK UKUR

Dalam melaksanakam aksi nyata ini  indicator / tolak ukur yang dijadikan acuan bahwa kegiatan  ini berjalan dengan baik adalah :

  • Terbentuknya kemandirian dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan bersih
  • Peserta didik menjalankan keyakinan kelas tanpa paksaan atau tekanan
  • Terjalinnya komunikasi yang baik antara  guru dan murid
  • Murid-murid menjalankan keyakinan kelas secara menyeluruh /luas bukan hanya dalam kelas tapi di juga untuk lingkungan sekolah.

  • KEGIATAN / TINDAKAN YANG DILAKUKAN

Calon Guru Penggerak melaksanakan aksi nyata yang diterapkan dalam kegiatan sehari -- hari di sekolah. Diawali dengan membuat keyakinan kelas, , menanamkan Budaya 10K dengan papan hias agar lebih menarik peserta didik untuk selalu membaca dan menerapkannya. Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun