Mohon tunggu...
Gayatri satiyawardani
Gayatri satiyawardani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Universitas muhamadiyah malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Promo Besar-besaran yang Dikeluarkan Gojek Dapat Menjadi Variabel Monopoli Pasar akan Timbul

19 Januari 2022   20:57 Diperbarui: 19 Januari 2022   21:49 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS


Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek online, dan antar jemput makanan Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.

Gojek punya banyak Tarif promosi yang tinggi pada dasarnya tidak cocok untuk pasar. Konsumen diperbolehkan melakukan ini dengan  harga murah atau dibawah rata rata, sehingga  tidak akan terlalu bagus di masa depan. Ini adalah predatory pricing, sehingga efek negatifnya saling membunuh dan menjatuhkan. Inilah yang digunakan Gojek. 

Misalnya potongan harga dan kupon promosi. Penerapan sistem promo ini apakah bertentangan dengan konsep predatory pricing yaitu yang dimana bentuk penjualan atau pasokan barang ataupun jasa dengan cara menetapkan harga di bawah rata-rata yang bertujuan untuk mematikan atau menyingkirkan pesaing usaha barang atau jasa lainnya. promo yang besar dilakukan ojek online pada saat ini, berpotensi besar memicu terjadinya persaingan tidak sehat di bisnis transportasi online.

Intervensi ini perlu dilakukan oleh regulator, salah satunya untuk memastikan penetapan tarif Gojek oleh Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tetap berfungsi dengan benar.

Dikhawatir apabika tarif promo besar-besaran tidak segera diatur maka hanya akan menciptakan munculnya monopoli pasar. Pasar monopoli yaitu suatu bentuk pasar yang di mana sebuah penjual tunggal menguasai pasar atau monopolis, berkuasa untuk menentukan harga, dan tidak punya barang sejenis yang hampir sama.

Jika aksi seperti ini berlanjut, mereka akan saling membunuh. Ketika semua pesaing mati, Anda tidak memiliki kendali atas harga, karena hanya  satu pemain yang akan mendominasi pasar.
Adapun dapat dari pasar monopoli :
1. Ketidak adilan karena monopoli memberi keuntungan diatas normal
2. Perusahaan lain sulit masuk
3. Timbulnya eksploitasi terhadap barang produksi
4. Jumlah dan harga tergantuk monopolis.
Jika tindakan seperti ini terus menerus akan menyebakan perekonomian pasar yg stabil dan matinya perusahan lainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun