Mohon tunggu...
5B_ Halmawati
5B_ Halmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Melestarikan Warisan Budaya: Menelusuri Keunikan dan Kearifan Lokal di Kampung Adat Cireundeu

5 Maret 2024   14:40 Diperbarui: 5 Maret 2024   14:42 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampung adat Cireundeu terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi, Jawa Barat. Di tengah hiruk piluk kota kampung ini masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat sunda wiwitan yang diwariskan leluhur mereka. Kampung ini bagaikan gerbang yang membawa kita kembali ke masa lampau, dimana ketika memasuki gerbang kampung, pengunjung diseguhkan dengan pemandangan rumah-rumah adat sunda yang terbuat dari bambu dan kayu, berjejer rapi di sepanjang jalan setapak. Keindahan alamnya pun masih tejaga, dengan pepohonan yang rindang.

Masyarakat kampung adat cireundeu memiliki keunikan tersendiri dimana masyarakat sejak dulu tidak pernah mengomsumsi nasi (beras padi) melainkan mengomsumsi rasi (beras singkong) yang merupakan salah satu warisan  budaya yang telah diturunkan secara turun-temurun dari nenek moyang. Kemanapun masyarakat kampung adat cireundeu pergi dipastikan mereka selalu membawa rasi (beras singkong). "Kami masyarakat cireundeu telah memegang penuh sumpah dari nenek moyang agar tidak mengomsumsi makanan yang berbahan dasar nasi "besar padi" dan apabila melanggar pasti akan ada konseskuensi yang bakal diterima" ucap Kang Jajat salah satu pemangku adat kampung cireundeu.  

dokpri
dokpri

 Kampung cireundeu bukan hanya tempat tinggal, tetapi juga tempat belajar dan melestarikan budaya sunda. Di kampung tersebut terdapat saung angklung udjo, yang terkenal dengan tempat pertunjukan musik angklung yang memukau. Jadi ketika ada pengunjung yang berkunjung ketempat tersebu mereka akan dikenalkan dan diajarkan secara langsung untuk memainkan musik angklung.

dokpri
dokpri

Kampung Adat Cireundeu adalah sebuah contoh nyata bagaimana tradisi dan budaya dapat dilestarikan di tengah modernisasi. Kearifan lokal dan nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh masyarakatnya menjadikannya tempat yang istimewa dan patut untuk dikunjungi. Kampung ini bukan hanya sekedar tempat wisata budaya, tetapi juga sumber inspirasi dan pembelajaran bagi kehidupan di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun