Mohon tunggu...
Fery Mahendra
Fery Mahendra Mohon Tunggu... Buruh - lagi patah hati

lagi patah hati

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengenalan Hidroponik kepada Petani Kecil

11 April 2019   00:11 Diperbarui: 11 April 2019   01:19 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

PENGENALAN HIDROPONIK KEPADA PETANI KECIL

Hallo sobat tani apa kabar semua? Jadi disini saya akan membagikan sedikit pengetahuan menanam dengan menggunakan media tanam hidroponik saya kira artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat tani semua.
SELAMAT MEMBACA  SOBAT TANI

Hidroponik adalah cara budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Dan  hidroponik juga menjadi salah satu cara praktis yang bisa para petani lakukan, dan untuk  Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Dan hidroponik juga tidak terlalu memakan luas tanah yang terlalu lebar, hidroponik ini bisa di buat pada sekitaran rumah yang masih mempunyai sisa pekaranang. ( hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. 

Hidroponik juga dikenal sebagai soilless sculture  atau budidaya tanaman  tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam, jadi Sistem hidroponik ini   bisa digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan yang semakin tahun semakin sempit. 

Diharapkan hidroponik mampu menjadi manfaat untuk masa depan karena mampu diberdayakan dalam kondisi lahan sempit. Alat yang digunakan  untuk membuat hidroponik sendiri sangatlah tidak sulit dan alatnya pun tersebar luas di daerah manapun, yaitu alat yang digunkan berupa pipa paralon,sambungan paralo,lem,selang,botol bekas,kayu,dan mesin aerator.

Adapun Kelebihan dalam bertani mengguakan hidroponik ini adalah petani dapat mengehemat lahan dan juga meminimalisir terjadinya OPT (hama penggagu tanaman) tetapi dilain sisi pada cara penggunaan hidroponik ini para petani harus mencermati kondisi aiur yang akan di gunakan untuk penanaman dengan media hidroponik.

Dari artikel yang telah dibuat ini penggunaan hidroponik ini dapat membantu para petani  dalam penghematan lahan, dan cara  penanaman dalam menggunakan hidroponik ini sedikit rumit jadi para petani yang ingin menggunakan media tanam  hidroponik harus terlebih dahulu memahami cara penanaman nya.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun