Lingkungan

Manfaat Pohon "Aren"

12 September 2018   22:24 Diperbarui: 12 September 2018   22:33 404 0 0
Manfaat Pohon "Aren"
phytoimages.siu.edu

 Tahu kah anda?  Bahwa Pohon Aren atau biasa di sebut juga dengan nama ilmiah nya adalah "Arange Pinanta" adalah pohon yang serba guna yang hampir semua  bagianya dapat dimanfaatkan mulai dari buah,  daun, ijuknya serta batang dapat dimanfaatkan  dalam kehidupan sehari-hari. berbagai manfaatnya seperti bagian buahnya bisa di manfaatkan  sebagai bahan dasar pembuatan gula Aren dengan cara pembuatan yang sangat sederhana yang tidak akan meroggok kocek anda dengan jumlah yang banyak. 

Gula Aren  itu sendiri sangat baik untuk di konsomsi karena tidak mengandung bahan  pengawet  atau zat kimia yang dapat membahayakan  bagi kesehatan tubuh anda   karena dengan   cara pembuatan  nya tidak menggunakan bahan kimia atau bahan-bahan yang dapat mengakibatkan atau dapat menggangu kesehatan tubuh,  melainkan bahan yang di gunakan adalah bahan yang  alami yang sudah pasti bebas dari bahan kimia dan sangat aman jika di konsumsi oleh tubuh. 

Selain itu nira dari gula aren dapat di manfaatkan  sebagai bahan pngembang roti supaya mendapatkan hasil yang maksimal.  Kemudian buah Aren juga bisa dimanfaatkan sebagai pumbuatan kolang-kaling walaupun buah aren tersebut  bisa menyebahkan atau mengakibatkan Rasa gatal yang sangat dahsyat bila terkena getah nya pada bagian kulit.

Dan kolang-kaling tersebut   yang biasa banyak dipasarkan atau di   jual pada saat bulan ramadan karna bisa di manfaatkan sebagai pembuatan campuran Es.,kolak dan manisan. Dan cara pembuatan yang sangat sederhana tentu tidak akan merogok kocek.Selain itu batang dari pohon  Aren  juga bisa di manfaatkan sebagai pembuatan   tepung Aren  .

Tepung Aren  juga biasa di manfaatkan  dimanfaatkan dalam pembuatan mie soun. 

Mie soun juga bisa di manfaatkan atau di gunakan   dalam campuran makan seperti : Bakso,Soto dan lain-lain.  Tak hanya batang nya saja yang dapat dimanfaatkan atau di gunakan tetapi ijuk dari pohon Aren juga bisa di gunakan dalam pembuatan  sapu ijuk dan atap daun aren yang banyak terdapat di ladang-ladang atau sawah sebagai tempat peristirahatan setelah bekerja.  

Dan lidi dari pohon  aren juga bisa di manfaatkan kan sebagai  pembuatan  sapu lidi,keranjang buah dan bahan kerajinan lain nya yang biasa di jual .Tak hanya itu pelapa dari bagian pohon aren yang masih kecil dapat  di manfaatkan sebagai alat pancing.  Aren  jiga biasa di manfaatkan untuk pembuatan  minuman  lokal yang di fermentasi kan dengan alkohol yang biasa di sebut oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur dengan  sebutan "Moke". 

Karena mempunyai batang yang kuat batang pohon aren juga biasa dimanfaatkan sebagai pembuatan papan atau tongkat. Tak hanya  di gunakan sebagai papan batang  dari pohon  aren yang di belah dua dan di buang  atau di bersihkan empulnya dapat di manfaatkan  sebagai saluran air. 

Serat dari pohon aren juga dapat dimanfaatkan sebagai anyaman dalam pembuatan cambuk. 

Karena pohon aren banyak manfaatnya  pohon aren juga salah satu dari pohon  atau  tanaman yang dilindungi Oleh undang-undang agar tidak di rusak olah tangan - tangan yang tidak  bertanggung  jawab melainkan pohon aren tetap di lestarikan  dan dan di jaga dengan baik agar  tetap  berkembang karena pohon  aren mempunyai banyak  sekali manfaat bagi kehidupan  kita.

Nah itu dia teman-teman berbagai jenis  manfaat pohon aren bagi kehidupan  kita  jadi jaga lah tanaman tersebut agar tetp bermanfaat bagi kehidupan kita..!