Mohon tunggu...
Desri Ousana
Desri Ousana Mohon Tunggu... Jurnalis - Watatuku, 24-12-1999

Agribisnis 2018 (SWCU)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan di Indonesia

5 Februari 2020   10:26 Diperbarui: 5 Februari 2020   10:28 1001
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan sangat penting bagi semua orang, pendidikan bisa didapatkan dibangku sekolah maupun organisasi pendidikan nonformal. Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan seseorang dari tidak tau menjadi tau dan mengerti, mutu pendidikan sangat tergantung dari program pendidikan yang dilaksanakan juga dan juga pendidikan bermutu bisa didaptkan apabila tenaga pengajar bisa melaksanakan program pendidikan dengan baik. pendidikan di Indonesia dapat ditempuh dengan tiga cara yaitu pendidikan formal, nonformal, dan informal. pendidikan formal mencangkup pendidikan dasar, menegah, dan pendidikan tinggi. Berikutnya pendidikan nonformal yaitu pendidikan yang disediakan bagi mereka yang ingin mematangkan pendidikan yang sebelumnya agar mreka bisa bekerja sesuai dengan bidangnya. dari berbagai pandanagan, kriteria serta indikator yang dapat kita ambil bahwa pendidikan yang bermutu dapat ditingkatkan apabila sekolah memiliki dukungan dari pemerintah, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, kinerja guru yang baik, kurikulum yang relevan, lulusan yang berkualitas, budaya dan iklim organisasi yang efektif dan dukungan masyrakat serta orang tua siswa.

Implementasi manajeman dalam meningkatkan mutu pendidikan merupakan sebuah solusi nyata yang menjadi harapan agar dapat mengelola indikator mutu pendidikan untuk saling bersinergi dalam upaya menigkatkan mutu pendidikan. pentingnya manajemen dalam penyelenggaraan sebuah organisasi merupakan hal yang mutlak diperlukan, demikian halnya dalam manajemen merupakan hal yang penting. Lembaga atau Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan barang memerlukan manajemen yang baik. Lembaga pendidikan adalah lembaga yang mengelola manusia dan bertujuan menciptakan manusia-manusia yang berkualitas, tentunya hal ini lebih memerlukan pemikiran yang lebih ekstra dibandingkan lembaga-lembaga pengelola barang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun