Mohon tunggu...
5130020115 TERRESSYA PUTRICIA
5130020115 TERRESSYA PUTRICIA Mohon Tunggu... Mahasiswa manajemen unusa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pondok Ramadhan

9 Mei 2021   11:06 Diperbarui: 9 Mei 2021   11:22 87 0 0 Mohon Tunggu...

Dulu waktu saya di pesantren setiap bulan ramadhan ada kegiatan yang di namakan ngaji kilatan. Yaitu ngaji kitab kuning yang rutin setiap awal bulan ramadhan atau tgl 1 ramadhan sampai 17 ramadhan. Waktu pelaksanaan biasanya setiap ahabis sholat subuh,duhur,ashar,dan Isya'.

Di saat bulan puasa di pesantren setiap pagi semua pergi ke sekolah,di sekolah pun kita ada ngaji kilatan yang di lakukan pada jam pertama,setelah ngaji barulah ada kegiatan belajar mengajar sampai waktu pulang sekolah.Setiba di pondok semua melakukan kegiatan sholat duhur berjamaah,setelah itu ada kegiatan ngaji kiatan, selesai ngaji biasanya semua menunggu waktu sholat ashar dan biasanya waktu ini di gunakan untuk istirahat oleh para santri.

Tiba waktu ashar kita semua melaksanakan sholat ashar secara bersamaan dan setelah sholat ashar kita ada kegiatan ngaji kilatan lagi untuk menunggu waktu berbuka puasa.Kita semua mengaji sampai menjelang buka puasa,dan biasanya saat setelah ngaji biasanya semua santri mengantri untuk mengambil makanan untuk berbuka puasa.

Dan saat adzan magrib di kumandangkan semuanya secara bersama sama melakukan buka puasa di depan kamarnya masing masing,setelah berbuka barulah kita semua melakukan kewajiban kita yaitu sholat magrib berjamaah dan tidak lupa kita selalu membaca surat yakin setelah sholat selesai. Sambil menunggu waktu sholat isya' dan tarawih biasanya ada yang membaca Al Qur'an  ada juga yang berbincang bincang.dan saat waktu sholat tiba semua berbanding Bandung untuk berwudhu untuk melakukan sholat isya' dan sholat tarawih berjamaah. Setelah itu juga ada ngaji kilatan dan setelah ngaji baru lah kita melakukan tadarus. Saat tadarus selesai semua santri istirahat malam.

Jam 03.00 semua bangun untuk sholat tajud dan sahur.setelah sahur semua menunggu waktu sholat subuh tiba. Saat tiba waktu sholat subuh semua santri melakukan sholat subuh secara berjamaah dan setelah itu dilanjutkan ngaji kilatan sampai menjelang waktu sekolah. Dan begitulah kegiatan pondok ramadhan di pondok pesantren saat bulan ramadhan setiap harinya , dan saat yang di tunggu tunggu para santri adalah hari ke 17 ramadhan dimana mereka semua akan pulang ke kampung halaman masing masing bertemu dengan keluarga disana.

Dan sebelum pulang biasanya ada rutinitas yang selalu di lakukan saat akan pulang yaitu ro'an. Ro'an adalah kegiatan yang dilakukan semua santri tanpa terkecuali untuk membersikan pondok pesantren yang biasa dilakukan malam hari sebelum pulang. Dan saat pagi tiba semua santri akan bersiap siap untuk pulang sebelum pulang semua santri soan  ke ndalem ibu nyai untuk berpamitan pulang ke kampung laman masing masing.

Tulisan diatas guna memenuhi tugas bahasa indonesia untuk ujian tengah semester yang diampu oleh bapak rudi umar susanto, S,pd.,Mpd

VIDEO PILIHAN