Mohon tunggu...
Baariq Ayumi
Baariq Ayumi Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Travel, Home Living, Education

Selanjutnya

Tutup

Home

6 Hal yang Harus Dipastikan Sebelum Memilih Jasa Pembuatan Furniture

28 Februari 2023   13:00 Diperbarui: 28 Februari 2023   13:05 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.calandraproject.com

Jasa Pembuatan Furniture – Suatu rumah pastinya tidak bisa dipisahkan dengan furniture, ketiadaan furniture di rumah membuatnya seperti ada yang kurang dan sangat tidak menarik. Furniture merupakan seluruh perabotan yang memiki kegunaan di rumah seperti meja, kursi, lemari, laci, dan semacamnya.

Sudah sangat banyak sekali penjual furniture yang kita temui saat ini. Kita akan dihadapkan beberapa pilihan saat ingin membelinya yaitu furniture yang sudah jadi atau custom furniture. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan tersebut.

Salah satu kelebihan dari custom furniture ialah kita dapat menyesuaikan furniture yang kita inginkan dengan ruangan rumah yang kita miliki, mulai dari ukuran, bentuk, hingga warnanya.

Saat ini sudah cukup banyak kita jumpai vendor jasa pembuatan furniture baik itu online ataupun offline. Tiap vendor furniture memiliki perbedaan mulai dari segi harga, hingga pelayanan yang ditawarkannya.

Harga yang ditawarkan jasa pembuatan furniture tidaklah murah, untuk itu kita sebagai konsumen harus cermat dalam memilih vendor tersebut. Pasalnya tidak jarang saat ini kita jumpai adanya kasus vendor yang tidak bertanggung jawab dan memiliki pelayanan yang kurang baik.  Agar Anda dapat terhindar dari masalah tersebut, mari simak beberapa hal yang harus Anda pastikan sebelum memilih jasa pembuatan furniture berikut ini:

1. Harga

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ialah harga. Sesuaikanlah harga yang ditawarkan oleh vendor dengan kisaran budget yang Anda miliki. Jasa perakitan furniture pasti menawarkan harga yang bervariatif sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumennya. Jangan sekali-sekali Anda mudah percaya dengan vendor yang menawarkan harga begitu murah, karena belum tentu sesuai dengan pelayanannya.

Kita sebagai konsumen juga perlu melakukan riset lebih banyak lagi terkait calon vendor yang akan Anda pilih, hal ini dilakukakan agar Anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

2. Bahan


Hal yang perlu Anda pastikan kedua setelah harga adalah bahan. Terdapat begitu banyak pilihan bahan pada furniture dengan karakteristik yang beragam pula. Bahan paling umum yang ditawarkan oleh vendor ialah multipleks dan blockboard. Apabila Anda mengutamakan durabilitas maka pilihlah multipleks sebagai bahan dasarnya, akan tetapi jika Anda mengutamakan segi ekonomis pilihlah blockboard. Walaupun blockboard.

Setelah Anda tau tentang bahan dasar kayu furniture, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bahan pelapis atau finishingnya. Terdapat dua pilihan dalam melapisi kayu furniture, yaitu dengan cat atau dengan pelapis yang biasa disebut sebagai HPL.

3. Portofolio


Selanjutnya yang perlu Anda pastikan ketiga ialah portofolio dari vendor. Anda dapat mendapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber, seperti akun Instagram atau websitenya. Umumnya, vendor yang sudah berpengalaman memiliki portofolio. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk validasi bahwa vendor yang ingin Anda pilih dapat dipercaya. Pastikan Anda perhatikan secara detail desain awal hingga hasil akhir dari proyek-proyek yang telah dikerjakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun