Mohon tunggu...
Tri Wahyuni
Tri Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

sebenarnya hanya suka membaca, tapi kalau disuruh nulis, bisa diobrolin dulu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Itu Gak Bisa Instan!

27 September 2022   23:34 Diperbarui: 27 September 2022   23:41 107 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

     Pernah gak sih kalian mikir gini, 'bisa gak sih belajar tuh instan aja langsung jadi gitu?'. Pasti sering ya ngerasa capek banget buat belajar terus - terusan? Kali ini kita bakal bahas, kenapa belajar itu gak bisa secara instan. 

     Menurut pandangan B. F. Skinner, belajar adalah suatu proses adaptasi tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Nah, disini artinya belajar itu adalah proses penyesuaian perilaku yang berprogres. Jadi belajar itu gak bisa secara instan, harus berprogres, berkontinyu. Belajar juga dipahami sebagai suatu perilaku, dimana saat orang belajar maka responnya akan menjadi lebih baik. Sebaliknya jika ia tidak belajar maka responnya juga akan menurun.

     Teori belajar dari Skinner didasarkan dari gagasan bahwa belajar adalah perubahan perilaku individu secara jelas. Perubahan perilaku tersebut diperoleh sebagai hasil respon individu terhadap kejadian (stimulus) dari lingkungan yang didapatnya.

     Cara yang efektif untuk mengubah serta mengontrol perilaku adalah dengan melakukan reinforcement (penguatan), yaitu suatu strategi kegiatan yang membuat perilaku tertentu memiliki peluang untuk terjadi atau sebaliknya (memiliki peluang untuk tidak terjadi) pada masa yang akan datang.

   Berdasarkan teori pengkondisian operan (operant conditioning), Skinner menekankan bahwa teori ini bisa digunakan untuk membangkitkan respon peserta didik dalam berbagai bentuk tingkah laku. Terjadinya proses perubahan tingkah laku ini dinamakan respon belajar atau operant learning.

      Belajar menurut teori behavioristik, adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan juga respon. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil daripada interaksi stimulus dan respon.

  

      Perilaku menurut Skinner adalah respons atau reaksi seseorang terhadap stimulus, yang dibedakan menjadi dua : yaitu perilaku tertutup (covert behaviour), apabila respons tersebut terjadi dalam diri sendiri, dan sulit diamati dari luar (orang lain) yang kemudian disebut dengan pengetahuan (knowledge) dan sikap (attitude).

      Menurut Skinner, kepribadian merupakan hasil dari sejarah penguatan pribadi individu tersebut (individual's personal history of reinforcement). Walau pembawaan genetik turut berperan namun penguatan - penguatan tersebut  menentukan perilaku khusus yang terbentuk dan dipertahankan serta merupakan ciri khas bagi individu yang bersangkutan.

      

      Jadi intinya, menurut Skinner belajar itu progresif. Jika tidak belajar maka kemampuan akan semakin menurun. Belajar itu sepanjang hayat, maka dari itu selama hidup kita tidak akan pernah berhenti belajar. Jadi jangan pernah berpikir bahwa lagi belajar itu adalah suatu hal yang bisa dilakukan atau dijalani dengan instan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan