Mohon tunggu...
Lia Iva
Lia Iva Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Cukup baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi yang Terjadi bagi Akuntansi

9 Juni 2022   14:51 Diperbarui: 9 Juni 2022   15:10 1406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi yang Terjadi Bagi Akuntansi

Lia Iva Budi Lestiani

Mahasiswa Akuntansi FE Unissula

Sri Dewi Wahyundaru

Teknologi Informasi merupakan suatu alat manajer untuk mengatasi perubahan (Laudon dan Laudon, 2006: 14). Definisi Teknologi Informasi secara lengkap dinyatakan oleh Martin et al. (2002: 1), yaitu teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi dan juga teknologi komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan informasi. Definisi Teknologi Informasi memang sangat luas dan mencakup semua bentuk teknologi yang digunakan dalam menangkap, mengkomunikasikan, memanipulasi, menyajikan, dan menggunakan data yang akan diubah menjadi informasi (Martin et al., 2002: 15).

Kemajuan pada Teknologi Informasi sempat menimbulkan rasa pesimis pada profesi akuntansi dan calon profesi akuntansi, utamanya bagi yang tidak siap dalam menghadapi tantangan baru sebagai akibat dari kemajuan Teknologi Informasi. Tetapi pada akhirnya terjadi suatu hubungan yang baik antara Profesi Akuntansi dan Teknologi Informasi. Dalam hal kemajuan teknologi ini memberikan peluang yang baru bagi seorang profesi akuntan. Peluang baru tersebut yang mungkin diraih diantaranya meliputi : 

a. Konsultan dengan Sistem Informasi Berbasis Komputer  

Jasa Konsultan dengan Sistem Informasi Berbasis Komputer mempunyai dua buah komponen utama, meliputi komponen teknologi seperti software, hardware, teknologi komunikasi dan komponen dari jasa advice bisnis yang berhubungan dengan pengembangan strategi bisnis yang efektif serta analisis dari pengaruh sistem informasi.

b. Segel Web Trust 

Segel Web Trustmerupakan program yang memberi jaminan secara menyeluruh pada bisnis melalui internet dengan cara menciptakan kepercayaan dan kekuatan dari sebuah website. 

c. Computer Information System Auditor (CISA)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun