Mohon tunggu...
Nisda Nabilatul Izzah
Nisda Nabilatul Izzah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Malang

Publikasi Media Massa KKN UM 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Promosikan Dusun Mentaraman, Desa Pagelaran Melalui Majalah dan Modul oleh Mahasiswa KKN UM 2022

25 Mei 2022   12:20 Diperbarui: 25 Mei 2022   12:31 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang --  Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) membuat majalah dan modul untuk Desa Pagelaran, Dusun Mentaraman, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Majalah tersebut berjudul "Kesenian Karawitan Desa Pagelaran Dusun Mentaraman Gamelan Surakarta" . Majalah ini berisi informasi mengenai Dusun Mentaraman yang merupakan salah satu dusun di Desa Pagelaran yang belum terekspos oleh masyarakat luas, majalah ini juga memberikan informasi banyak mengenai gamelan. Tidak hanya berisi informasi tertulis saja, dalam majalah tersebut juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik.

Proses pembuatan majalah berlangsung cukup singkat, mulai dari proses wawancara  dengan pegiat seni Dusun Mentaraman, merangkum hasil wawancara, pencarian referensi isi dan layout majalah, konsultasi isi majalah, editing layout,  dan yang terakhir adalah mencetak buku.

Selanjutnya adalah Modul, modul ini berjudul "Modul Sejarah Budaya Lokal Seni Karawitan Dusun Mentaraman, Desa Pagelaran". Seperti judulnya modul ini berisi sejarah Budaya yang ada di Dusun Mentaraman Desa Pagelaran yaitu kesenian Karawitan. Tidak hanya itu Modul ini mengulas lebih dalam mengenai sejarah lampau Dusun Mentaraman.

Tidak diperlukan waktu yang lama dalam pembuatan modul ini, hal pertama yang dilakukan yaitu observasi dengan sanggar di Dusun Mentaraman, diskusi dengan anggota kelompok, wawncara dengan pegiat seni Dusun Mentaraman, menyusun kerangka modul, dan pembuatan modul.

Majalah dan Modul ini merupakan upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang ada pada dusun Mentaraman kepada masyarakat luas, dan menyalurkan informasi mengenai sejarah  dan kesenian karawitan Dusun Mentaraman Desa Pagelaran. Diharapkan majalah dan modul ini akan memberikan manfaat kepada Dusun Mentaraman kedepannya dan menjadikan Dusun Mentaraman lebih dikenal oleh masyarakat luar.

  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun