Mohon tunggu...
MuhammadAfiqHizbullah
MuhammadAfiqHizbullah Mohon Tunggu... NIM : 3130020050

UNTUK TUGAS MATKUL B INDO

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Proses Perkembangan Teknologi Komputer

5 Desember 2020   00:48 Diperbarui: 5 Desember 2020   00:48 11 0 0 Mohon Tunggu...

Tahukah kalian betapa efisiennya kehidupan zaman sekarang berkat adanya teknologi komputer, tentu saja semuanya tidak luput dari sejarah bagaimana bisa komputer bisa secanggih sekarang, butuh proses dan waktu yang lama bagi sang komputer untuk mengalami perkembangan dan peningkatan.

Maka dari itu mari mengulas sedikit tentang perjalanan si kompuer dari masa ke masa..:)

Seiring berjalannya waktu, dibutuhkan perangkat mesin yang lebih sesuai dan andal yang dapat melakukan pekerjaan kita dengan lebih cepat. Selama masa ini, pada tahun 1946, komputer elektronik pertama yang sukses dikembangkan yang disebut ENIAC dan merupakan titik awal dari generasi komputer saat ini.

GENERASI PERTAMA (ENIAC)

ENIAC adalah komputer elektronik pertama yang sukses di dunia yang dikembangkan oleh dua ilmuwan yaitu J. P. Eckert dan J. W. Mauchy. Singkatan dari ENIAC adalah "Electronic Numeric Integrated And Calculator". ENIAC merupakan komputer yang sangat besar, beratnya 30 ton. Itu hanya dapat menyimpan sedikit atau sedikit informasi. Awalnya komputer generasi pertama menggunakan konsep tabung vakum. Tabung vakum merupakan salah satu komponen elektronik yang memiliki efisiensi kerja yang sangat rendah sehingga tidak dapat bekerja dengan baik dan membutuhkan sistem pendingin yang besar.

GENERASI KEDUA (Transister)

Seiring perkembangan bergerak lebih jauh, komputer generasi kedua memulai mengetuk pintu. Pada generasi ini, transistor digunakan sebagai komponen elektronik sebagai pengganti tabung vakum. Transistor jauh lebih kecil ukurannya daripada tabung vakum. Dengan berkurangnya ukuran komponen elektron dari tabung vakum transistor, ukuran komputer juga menurun dan menjadi jauh lebih kecil dari komputer sebelumnya.

GENERASI KETIGA (Sirkuit terintegrasi)

Komputer generasi ketiga ditemukan pada tahun 1964. Pada komputer generasi ini digunakan IC (integrated sirkuit) sebagai komponen elektronik untuk komputer. Perkembangan IC melahirkan bidang baru mikroelektronika. Keuntungan utama dari IC tidak hanya ukurannya yang kecil tetapi kinerja dan keandalannya yang unggul daripada rangkaian sebelumnya. Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh T.S Kilby. Komputer generasi ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan kecepatan penghitungan yang lebih tinggi.

GENERASI KEEMPAT (Personal Computer)

Ini adalah generasi tempat kami bekerja hari ini. Komputer yang kita lihat di sekitar kita adalah milik komputer generasi keempat. Microprosesor adalah konsep utama di balik komputer generasi ini. Mikroprosesor adalah chip tunggal (sirkuit L.S.I), yang digunakan di komputer untuk fungsi aritmatika atau logika apa pun yang akan dilakukan dalam program apa pun. Pengembangan mikroprosesor jatuh ke tangan Ted Hoff dari USA. Ia mengembangkan mikroprosesor pertama, Intel 4004, saat ia bekerja di Intel Corporation, USA. Dengan penggunaan mikroprosesor pada komputer generasi keempat, ukuran komputer menjadi sangat cepat dan efisien. Terbukti bahwa komputer generasi penerus yaitu generasi kelima akan segera dikembangkan. Pada generasi tersebut, komputer akan memiliki kecerdasan buatan dan mampu mengambil keputusan sendiri seperti layaknya manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN